Beranda Headline

Peringati HMPI, DLHK Kepri Tanam 1.000 Pohon di Hutan Lindung Bukit Kucing

0
Warga bersama DLHK Provinsi Kepri melakukan penanaman pohon di kawasan Hutan Lindung Bukit Kucing, Kota Tanjungpinang, Minggu (28/11/2021)-f/istimewa-dlhk kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Kepri, melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di Hutan Lindung Bukit Kucing, Kota Tanjungpinang, Minggu (28/11/2021) kemarin.

Kepala DLHK Provinsi Kepri, Hendri menyampaikan, penanaman bibit pohon tersebut, bersempena dengan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang diperingati setiap 28 November di seluruh Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menggugah kesadaran setiap orang pentingnya menanam dan merawat pohon bagi kelangsungan ekosistem dan kehidupan manusia,” katanya.

Selain itu, dipilihnya kawasan Hutan Lindung Bukit Kucing sebagai lokasi penanaman, bertujuan merehabilitasi kawasan hutan lindung tersebut, yang terbakar pada Februari 2021 lalu.

“Sebanyak 1.000 pohon dengan berbagai jenis seperti Mahoni, Salam, Pulai, Sengon, Beringin, Flamboyan di tanam bersama masyarakat di sana,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, lanjutnya, juga dilakukan penandatanganan MoU antara DLHK Provinsi Kepri, dengan SMPN 4 Tanjungpinang, tentang aksi dan edukasi hutan sebagai paru-paru sekolah.

Kemudian, ada juga penyematan rompi dan topi kepada Ketua kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) Kelurahan Tanjungpinang Timur.

“Hal ini sebagai wujud kepedulian bersama untuk bahu membahu bersama Pemerintah dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan dan bahaya bencana asap,” tuturnya.

Serta, ada juga penyerahan bantuan bibit pohon kepada sekolah-sekolah dan pelaksana Program Kampung Iklim (PROKLIM) se Kota Tanjungpinang.

“Semua itu dilakukan sebagai wujud kepedulian bersama dalam aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,” paparnya.(kar)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here