Beranda Headline

Peringatan Hari Peduli Sampah, Ini Arti Kantong Doraemon di SMPN 4 Pinang

0
Pelajar SMPN 4 Tanjungpinang saat melakukan Tarian Merdeka Sampah-f/dian-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – 21 Februari 2024, diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Untuk Tanjungpinang, peringatan ini diselenggarakan di SMPN 4 Kota Tanjungpinang.

“Saat acara, kami mempersembahkan Tarian Merdeka Sampah, karya orisinil dari siswa kami,” ucap Kepala Sekolah SMPN 4 Kota Tanjungpinang, Farida kepada hariankepri.com, Rabu (21/2/2024).

Ia menyatakan, bahwa hari ini diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional dengan tema ‘Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif’.

Menurutnya, tema itu dipilih, karena masalah sampah hingga saat ini belum terselesaikan. Bahkan, menimbulkan persoalan serius di Indonesia maupun di tingkat internasional.

Farida juga mengungkapkan bahwa di SMPN 4 Tanjungpinang dikenal dengan konsep “Kantong Doraemon” dalam penanganan sampah.

“Konsep ini, setiap siswa sudah memiliki satu kantong. Jadi, mereka selalu spontan ambil sampah, dan menempatkannya pada Kantong Doraemon yang dimilikinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tanjungpinang, Riono, menyampaikan terima kasih atas kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2024 .

“Dan sampah plastik masih menjadi masalah yang akan kita hadapi, hingga tahun-tahun mendatang,” kata Riono usai menghadiri acara.

Riono menegaskan bahwa sampah plastik bukan hanya masalah di daerah, tapi sudah menjadi masalah global. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk memiliki komitmen bersama dalam memerangi sampah plastik.

Mengenai upaya di Kota Tanjungpinang, Riono menjelaskan bahwa telah dilakukan berbagai upaya, dengan mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar.

“Termasuk kita olah menjadi paving blok, dan produk lainnya seperti kerajinan tangan, yang pada akhirnya memiliki nilai ekonomis,” pungkasnya. (sap)

Baca juga:  Peduli Dunia Pendidikan, Bank Bukopin Bangun Sistem Informasi Pendidikan Sekolah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini