Beranda Headline

Percepat Penyaluran Bansos Covid, Dinsos Kepri: Kami Butuh Peran Lurah Hingga RT RW

0
Kadissos Doli Boniara-f/istimewa-dokumen pribadi

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Ansar Ahmad terus menggesa penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 l, sesuai Peraturan Gubernur Nomor 31 tahun 2021, kepada Keluarga Terkonfirmasi Covid-19.

Senin (30/8/2021) pagi, Gubernur Ansar memimpin rapat evaluasi penyaluran bansos tersebut, agar program yang digagasnya ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kita terus mencari cara agar bantuan dapat tersalurkan dengan cepat, dan bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerima dalam masa terkonfirmasi Covid-19,” kata Ansar.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kepri Doli Boniara menegaskan, bahwa masyarakat penerima yang sumber datanya dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah clear.

“Hanya yang di luar DTKS. Penerima perlu waktu untuk melengkapi persyaratan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Makanya kami perlu peran serta, lurah, RW/RT untuk mempercepat proses penerbitan SKTM itu,” pintanya.

Doli menjelaskan, untuk data pasien yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) dan meninggal karena Covid, ini berasal dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri.

“Kami dari Dinsos yang lakukan verifikasi untuk penyalurannya. Artinya jika data dari dinkes tidak lengkap, kami perlu waktu untuk verifikasinya,” tegasnya.

Ia pun menyampaikan, beberapa hal sudah dilakukan untuk mempercepat penyaluran. Di antaranya melakukan sosialisasi melibatkan Dinsos Kabupaten/Kota, camat, lurah, puskesmas, dan ini masih berlangsung.

“Kami juga membagikan informasi melalui media sosial, agar sosialisasi makin masif, dan semua pihak berperan aktif dalam program ini,” ujarnya.

Bahkan sambung Doli, Dinsos juga menyediakan call center yang bisa diakses oleh calon penerima bantuan, agar data yang masuk bisa lebih cepat.

“Dengan adanya call center ini, kami harap peran aktif warga yang belum terdata agar segera melapor melalui call center itu,” tukasnya. (arp)

Berikut Nomor Telepon Call Center untuk Tim Penyaluran Bansos PPKM

1. Call Center Batam: Janti Daniaty-085161837270
2. Call Center Tanjungpinang: Sari Melati-0851 5755 5764
3. Call Center Bintan: Bintana Esmeralda-081266977221
4. Call Center Karimun: Maghfira Bilqis-081953358722
5. Call Center Lingga/Natuna : M Jawad-082390006623
6. Call Center Anambas: Mustiono-081277343652

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here