Beranda Headline

Pendaftaran Siswa Baru Dibuka 18 Juni, Didahulukan Jalur Prestasi dan Afirmasi

0
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kepri, Andi Agung-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tahun ajaran 2022/2023 untuk SMAN/SMKN dan SLBN di Provinsi Kepri akan dimulai pada 18 Juni 2022.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kepri, Andi Agung mengatakan, khusus untuk PPDB tingkat SMA pelaksanaannya akan dimulai dua tahap. Tahap pertama untuk jalur afirmasi, perpindahan orang tua, prestasi, dan bahasa.

“Untuk tahap pertama ini pendaftarannya dibuka 18 Juni – 25 Juni,” katanya, kepada hariankepri.com, Senin (6/6/2022).

Selanjutnya, tahap II yang merupakan jalur zonasi, pendaftarannya dimulai pada 28 Juni – 2 Juli 2022. Sementara itu, sambungnya, untuk tingkat SMK, pendaftarannya akan dibuka pada 18 Juni – 25 Juni.

Andi menyampaikan, pada PPDB tahun ajaran 2022/2023 ini, untuk tingkat SMA pada jalur afirmasi dan prestasi kuota yang disediakan sebesar 15 persen.

“Sementara untuk perpindahan orang tua itu 5 persen, bahasa dan zonasi kuotanya 65 persen,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Andi juga menyampaikan, jika dilihat dari jumlah lulusan SMP baik negeri maupun swasta dengan jumlah Rencana Daya Tampung (RDT), pihaknya memastikan mencukupi.

Karena, kata dia, pada tahun ini total lulusan siswa SMP di Kepri baik swasta maupun negeri berjumlah 30.914 siswa, sedangkan RDT yang ada di Kepri baik untuk tingkat SMA dan SMK sebanyak 25.557 RDT.

“Namun, jika kita melihat secara daerah, dari jumlah lulusan dengan RDT yang ada, hanya Kota Batam yang jumlah lulusan dengan RDT-nya belum bisa menampung secara keseluruhan,” tuturnya.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini