Beranda Daerah Bintan

Pemkab Bintan Dapat Bantuan Singapura, 16 Unit Alat untuk Oksigen Pasien Covid-19

0
Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Adi Prihantara menerima bantuan alat oksigen secara simbolik dari GM PT BRC, BRF Pte Ltd dan Charles dari Hope Medical Servicer Singapura-f/istimewa-humas

BINTAN (HAKA) – Pemkab Bintan dapat bantuan 16 unit perangkat mesin oksigen konsentrator (oxygen concentrator), dari Hope Medical Services Singapura.

“Bantuan tersebut disiapkan untuk kebutuhan oksigen para pasien Covid-19,” ucap Sekdakab Bintan Adi Prihantara, Selasa (24/8/2021).

Adi pun, mengapresiasi Hope Ambulance Service Pte Ltd serta pihak PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Bintan Resort Firries (BRF) Pte Ltd, serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bintan, yang telah memfasilitasi pendistribusian bantuan tersebut.

Bantuan mesin oksigen ini, menurut Adi, sangat membantu Pemkab Bintan, dalam melakukan penanganan pasien Covid-19, khususnya di unit pelayanan kesehatan di daerah Bintan.

“Kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang terlibat. Karena bantuan ini sangat bermanfaat bagi pemerintah khususnya masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr Gama AF Isnaeni menambahkan, 16 unit perangkat oksigen itu akan didistribusikan ke sejumlah Puskesmas yang membutuhkan alat itu.

Menurut Gama, alat medis itu berfungsi untuk memberikan oksigen kepada seseorang yang memiliki gangguan pernafasan, baik itu pasien Covid-19 maupun pasien umum lainnya.

Dokter Charles Johnson dari perwakilan Hope Medical Services dan group pendonor Singapura menerangkan, alat kesehatan itu mampu menghasilkan oksigen dengan konsentrasi tinggi, untuk membantu menyembuhkan serta menyelamatkan pasien.

“Setiap unit oksigen mampu menyuplai untuk merawat dua pasien sekaligus,” terangnya.

Selain itu, perangkat oksigen itu juga dapat digunakan kembali pada pasien selanjutnya. Setelah melalui proses sterilisasi, tanpa melakukan pengisian ulang oksigen.

“Jika Pemerintah Bintan perlu konsultasi ke depannya, maka tim kami akan senang hati untuk konsultasi langsung dengan ahli profesional Singapura, melalui telepon ataupun secara virtual,” sarannya.(rul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here