Beranda Daerah Batam

Peduli UMKM di Batam, Ansar Alokasikan Rp 1,4 Miliar untuk Beli Alat Vacum

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad-f/istimewa-humprohub kepri

BATAM (HAKA) – Sebagai bentuk kepedulian kepada pelaku UMKM di Kota Batam, Gubernur Ansar Ahmad telah mengalokasikan anggaran Rp 1,4 miliar di APBD tahun 2022, untuk membeli mesin vacum.

Ia menjelaskan, mesin vacum sendiri merupakan alat, yang berfungsi untuk mengemas beragam jenis makanan agar kedap udara.

“Kami telah menganggarkan sebesar Rp 1,4 miliar untuk membeli alat vacum. Alat vacum itu nanti bisa digunakan bersama-sama, saya akan kontrol dan akan ada pengelolanya,” katanya, dalam kegiatan penandatanganan akad kredit UMKM Bunga 0 persen, di Kantor Cabang Bank Riau Kepri, Sei Panas, Kota Batam, Kamis (23/12/2021).

Lebih lanjut ia menyampaikan, nantinya para pelaku UMKM di Kota Batam yang akan menggunakan mesin tersebut, akan dikenakan tarif yang murah atau jauh dari tarif yang ada di pasaran.

“Akan kita buat semurah mungkin, kalau bisa gratis akan kita buat gratis,” jelasnya.

Ansar menyebut, dengan adanya alat vacum itu, akan memperpanjang masa kedaluarsa produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM di Kota Batam.

Dari yang biasanya hanya bertahan satu hingga dua minggu, dengan adanya alat tersebut bisa bertahan hingga satu sampai dua tahun.

“Kita akan mendorong produk-produk UMKM di Batam supaya bisa ke pasar ekspor. Maka itu manfaatkan ini. Nanti akan kita umumkan dimana rumah kemasannya dan ke depan. Insya Allah kabupaten/kota lainnya akan kita sediakan juga” jelasnya.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri ini menegaskan, upaya tersebut, tak lain sebagai bentuk perhatian dari Pemprov Kepri terhadap keberlangsungan pelaku UMKM di Provinsi Kepri.

“Karena UMKM ini adalah kekuatan ekonomi kita,” pungkasnya.(kar)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here