Beranda Headline

Panen Cabai Sukses, Hasan Salut Petani Bisa Menanam di Bekas Lahan Bauksit

0
Didampingi Kadis DP3, Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan memanen cabai di Kelurahan Air Raja-f/dian-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan memanen cabai milik kelompok tani Serumpun Mandiri, di Kelurahan Air Raja. pada Rabu (3/4/2024).

Hasan mengucapkan syukur, karena panen yang dihasilkan dari kelompok tani ini sudah hampir 800 kilogram, atau melebihi target yang disampaikan sebelumnya.

“Saya bilang kemaren hasil panen dari sembilan kelompok tani 1,5 ton, ternyata seluruhnya hampir 2,5 ton,” kata Hasan kepada wartawan, usai melakukan panen cabai.

Ia mengatakan, dari satu kelompok tani saja hasil panennya 800 Kilogram cabai, dengan luas lahan sekitar 2,5 hektar. “Yang kita salut ini para petani bisa menanam di bekas lahan bauksit,” ujarnya.

Hasan mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Kepri, yang sudah membantu Pemko, dengan alat hand traktor, yang ke depan mungkin bisa digunakan untuk semua kelompok tani.

“Dan cabai yang dihasilkan ini kualitasnya bagus, besar-besar,” terangnya.

Sementara itu, pemilik kebun cabai Wahyu mengatakan, dari lahan 2,5 hektar itu ada sekitar 4.000 batang pohon cabai yang ditanam.

“Panen tadi cuma ambil yang merah saja. Belum panen besar,” kata Wahyu.

Menurutnya, rencana panen besar akan dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri. Untuk cabai 800 kilogram itu hasil panen yang dilakukan sebanyak 15 kali dari sebelum Ramadan.

“Kalau panen setiap harinya sekitar 40 sampai 60 kilogram,” sebutnya.

Ia menjelaskan, kesulitan dalam menanam cabai di sini adalah, saat membajak bekas lahan bauksit ini kondisi tanahnya sangat keras.

“Makanya kami ngomong kepada Pak Pj minta bantu alat, mudah-mudahan bisa dapat,” harapnya. (sap)

Baca juga:  Soal Pengisian Wakil Rahma, Presiden KLC Indonesia Ikut Angkat Bicara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini