Beranda Headline

Pakai DAK, Dishub Kepri Mulai Benahi Pelabuhan Berhala di Letung Anambas

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad usai meninjau progres pembangunan Pelabuhan Berhala, Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (6/5/2024)-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kepri, Junaidi menyampaikan, pihaknya menargetkan di Oktober 2024 proses pembangunan peningkatan fasilitas Pelabuhan Berhala, di Letung, Kabupaten Anambas sudah rampung.

“Saat ini sedang digesa peningkatan fasilitas Pelabuhan Berhala. Ditargetkan sudah rampung pada 10 Oktober 2024,” katanya, kepada hariankepri.com, kemarin.

Junaidi menjelaskan, proyek yang menggunakan anggaran dana alokasi khusus (DAK) tahun 2024 itu, sejauh ini sudah dalam tahap pengerjaan, yang dimulai pada Maret 2024 lalu.

“Setidaknya sudah 60 persen fisik material telah berada di lokasi,” sebutnya.

Dia menjelaskan, adapun bentuk pengerjaan dalam peningkatan pelabuhan itu, yakni penguatan tiang dermaga, perapian jalan, dan penerangan.

“Akan ada 25 titik penerangan menggunakan panel tenaga surya (solar cell) di kawasan pelabuhan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, peningkatan fasilitas itu bertujuan, supaya pelabuhan itu bisa lebih representatif sehingga bisa berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

Sebab, selama ini Pelabuhan Berhala Letung, berfungsi sebagai pelabuhan penumpang dan kargo. Pelabuhan ini kerap disinggahi KMP Bukit Raya, kapal tol laut Sabuk Nusantara, kapal perintis, dan kapal antar kabupaten/kota.

“Kalau dilihat secara makro Pelabuhan Berhala sangat potensial untuk perkembangan ekonomi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat mengawali kunjungan kerjanya (kunker) di Anambas, langsung meninjau progres pengerjaan proyek peningkatan fasilitas Pelabuhan Berhala, Letung pada, Senin (6/5/2024).

Dalam peninjauan itu, Gubernur Ansar menekankan kepada PT. Kartika Teguh Karya agar dapat mengerjakan proyek senilai Rp 14,5 miliar itu dengan baik dan tepat waktu.

“Proyek ini sendiri anggarannya bersumber dari DAK 2024 pada Dinas Perhubungan,” katanya.(kar)

Baca juga:  Gubernur dan 30 Pejabat Eselon II Positif Tak Terpapar Narkoba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini