Beranda Daerah Natuna

Nelayan Takut Melaut, Harga Ikan Melambung

0
Angin Kencang

NATUNA (HAKA) – Angin kencang yang melanda perairan Laut China Selatan (LCS) tak hanya membuat pelayaran rawan, nelayan pun tak berani melaut. Akibatnya, ikan sulit didapatkan dan harganya pun naik. Tak tanggung-tanggung kenaikan itu sampai empat kali lipat.

Kondisi tersebut jelas dikeluhkan warga yang akan membeli ikan, sehingga sebagian warga mengalihkannya dengan membeli lauk yang lain. Kalau pun ada yang membeli jumlahnya akan dikurangi. Sebagaimana disampaikan warga Ranai, Rahman.

Kondisi tersebut, ujar Rahman, setiap tahun memang selalu terjadi. Kondisi cuaca yang ekstrem membuat nelayan terpaksa menambatkan perahu dan kapalnya. Karena, jika dipaksakan melaut risikonya tidak sepadan dengan hasil yang diterima.

Seorang nelayan, Abdulah, mengatakan setiap tahun jika sudah musim utara dan barat datang memang tidak ada nelayan yang mau turun ke laut. Dia pun demikian juga dan mencari pekerjaan lain untuk mendapatkan uang. Seperti menjadi pekerja pemetik cengkih. Setelah cuaca bagus lagi barulah mereka akan turun ke laut lagi. (fer)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here