Harian Kepri

Momentum Hardiknas 2019, Nurdin: Bangun SDM dengan Karakter yang Kuat

Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Wagub Isdianto menyalami para pelajar usai upacara peringatan Hardiknas tahun 2019 di Halaman Kantor Gubernur Kepri, Dompak

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun mengajak segenap elemen masyarakat melalui momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), untuk mengonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi.

“Sehingga pada akhirnya kita mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” katanya dalam pidato peringatan Hardiknas Tingkat Pemerintah Provinsi Kepri, di Halaman Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Kamis (2/5/2019).

Dalam upacara yang mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” itu, Nurdin juga berpesan, kepada seluruh pelajar serta mahasiswa, untuk terus bersemangat, serta tulus dalam upaya menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia.

“Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” harapnya.

Foto bersama Gubernur dan Wagub dengan para pelajar penerima penghargaan dan hadiah

Orang nomor satu di Provinsi Kepri itu juga sempat menyinggung keberhasilan pelaksanaan pesta demokrasi pada 17 April 2019 lalu.

Menurutnya, bila dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilihan Umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara.

Proses belajar pada hakikatnya kata dia, adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan.

“Dalam hal ini semakin dewasa dalam berdemokrasi. Perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita,” sebutnya.

Selain itu, imbuhnya, peradaban dunia yang saat ini berkembang secepat deret ukur. Sementara dunia pendidikan bergerak seperti deret hitung. Dengan kehadiran Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar.

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa ditengah perubahan global yang bergerak cepat,” pesannya.

Suasana usai peringatan hardiknas di Pemprov Kepri

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Muhammad Dali menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya berinovasi mengembangkan dunia pendidikan di daerah.

Sebagai perpanjang tangan pemerintah pusat di daerah, Pemprov Kepri kata dia, akan melaksanakan sistem-sistem yang telah diamanatkan pemerintah pusat demi memajukan pendidikan.

“Terlebih lagi, menurutnya, saat ini kita harus bersiap-siap menghadapi revolusi industri 4.0 yang didukung dengan pesatnya perkembangan teknologi,” sebutnya.

Dalam upacara itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Wagub Kepri Isdianto dan Kadisdik Provinsi Kepri M Dali juga menyerahkan penghargaan kepada guru serta siswa berprestasi.(adv)

Exit mobile version