Beranda Headline

Momen Bangkitkan Pariwisata, Ada 18 Event Digelar Disbudpar Tanjungpinang

0

Kadisbudpar Tanjungpinang, M Nazri (kiri) saat mendampingi Wako Rahma di momen Cap Go Meh 2023 akhir pekan lalu-f/istimewa-prokopimTANJUNGPINANG (HAKA) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Tanjungpinang pada tahun 2023 ini.

Kepala Disparbud Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri mengatakan, adapun upaya tersebut, yakni, dengan menggelar event yang sudah disusun dalam kalender pariwisata 2023.

Ia menyebut, pada tahun ini ada 18 event yang sudah dikemas dengan semenarik mungkin. Ini sebagai momentum untuk kebangkitan pariwisata di Kota Tanjungpinang.

“Tahun 2023 ini merupakan waktu yang baik untuk menggenjot kunjungan wisatawan ke Kota Tanjungpinang,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Nazri menambahkan, adapun 18 event pariwisata itu di antaranya, semarak hari jadi ke-239 Kota Tanjungpinang, bazar imlek, dan lorong Bintan Expo yang telah berlangsung pada Januari 2023 kemarin.

Sementara untuk di bulan April ada pekan Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, bulan Mei akan ada Gawai Seni 2023. Lalu Juni ada pekan Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Selanjutnya pada bulan Agustus mendatang ada empat event yang bakal diselenggarakan yaitu pameran dan lomba Foto, Tanjungpinang Festival, Semarak Museum di Hatiku, dan Festival Budaya Batak.

“Lalu di bulan September ada Festival Lampion, sejarah pernikahan Oei Tik Sing, dan pekan kebudayaan daerah,” sebut Nazri.

Sedangkan di bulan Oktober akan ada Asparnas Festival, Pameran temporer, dan Silat Serumpun. Kemudian, Rally Sail 2023 pada November dan Gurindam 12 Purnama pada Desember yang bakal digelar sebagai event penutup akhir tahun.

Nazri pun berharap, dengan banyaknya event-event ini, dapat meningkatkan pariwisata di Kota Tanjungpinang, serta membangkitkan perekonomian di Tanjungpinang.

Sebelumnya, Kabid Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Disparbud Kota Tanjungpinang, Salman mengatakan, kunjungan wisman ke Kota Tanjungpinang selama tahun 2022, meningkat drastis dibandingkan tahun 2021 lalu.

Baca juga:  Soal Mundur, Nurdin Sarankan Awe Berpikirlah Yang Jernih

Ia menyampaikan, adapun jumlah wisman yang datang selama tahun 2022 lalu, sekitar 24 ribu orang. Sedangkan tahun 2021 hanya 362 kunjungan.

“Di bulan Juni 2022, wisman yang datang ke Tanjungpinang mulai meningkat, berkisar 2.000 hingga sampai 5.000 orang per bulan,” kata Salman, Kamis (2/2/2023) lalu kepada hariankepri.com.(zul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini