Beranda Headline

Mesin Sudah Tiba, DLH Tanjungpinang Sekarang Bisa Olah Sampah Jadi BBM

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat menyampaikan pidato pengantar KUA PPAS APBD tahun 2024 dalam rapat paripurna DPRD, Senin (31/7/2023)-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan, mesin destilator sebagai pengolah sampah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM), sudah tiba di Tanjungpinang.

“Sekitar dua pekan lalu tiba di Pinang,” kata Riono, Senin (31/7/2023) kepada hariankepri.com.

Untuk saat ini pihaknya telah memulai melakukan uji coba, mengolah sampah plastik menjadi BBM. Uji coba pertama, dengan memanfaatkan sampah plastik 10 kilogram.

“Alhamdulillah bisa menghasilkan BBM jenis pertalite 1,4 liter, 1,8 liter minyak tanah, dan 3,5 liter minyak solar,” sebutnya.

Ia mengatakan, sampah plastik yang diolah ini, terdiri dari gabungan sampah plastik putih dan hitam yang diolah, menghasilkan 3 jenis BBM.

“Kalau khusus plastik putih 10 kilo. Maka bisa dapat, 2 liter pertalite, 2 liter minyak tanah dan 6 liter minyak solar,” sebutnya.

Saat ini, kata dia, jajarannya terus melakukan uji coba. Bahkan sampai sekarang sudah ada belasan liter BBM yang dihasilkan.

Riono melanjutkan, pengadaan mesin ini bertujuan untuk mengurai permasalahan banyaknya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sekaligus mempunyai nilai ekonomis.

“Mudah-mudahan dengan adanya mesin ini, menjadi solusi untuk mengurangi masalah sampah,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Bus Karyawan Lagoi Makan Korban, 1 Tewas
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini