Beranda Headline

Mengenal Saifuddin Nasution, Orang Batak yang Jadi Mendagri Malaysia

0
Menteri Dalam Negeri Malaysia, Saifuddin Nasution diwawancara saat peluncuran Autogate di Bandara Kuala Lumpur (KLIA) pada 27 Februari 2023-f/istimewa-youtube imigresen TV

MALAYSIA (HAKA) – Dato’ Sri Saifuddin Nasution Ismail bin Ismail Nasution atau yang lebih dikenal dengan Saifuddin Nasution, adalah seorang politikus Malaysia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Malaysia, sejak Desember 2022.

Saifuddin Nasution menjadi Mendagri Malaysia, di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Anwar Ibrahim. Sebelum menjabat sebagai Mendagri, Saifuddin Nasution menjabat Menteri Perdagangan Dalam Negeri.

Dilansir dari Tribun-Medan.com Saifuddin Nasution merupakan penggiat politik yang berasal dari Partai Keadilan Rakyat (PKR), dalam koalisi oposisi Pakatan Harapan.

Ismail yang berada dibelakang namanya sebenarnya merupakan patronimik, bukan nama keluarga. Mendagri Malaysia ini lebih memilih untuk dipanggil dengan nama Saifuddin Nasution.

Sedangkan, nama Nasution sendiri merupakan sebuah marga dari keturunan Mandailing, tepatnya dari Mandailing Natal, sebuah kabupaten di Sumatera Utara.

Meski bernama belakang Nasution, Saifuddin tidak lahir di Indonesia. Beliau lahir di Singapura pada 7 Desember 1963. Saat ini beliau berusia 58 tahun.

Diketahui, Saifuddin Nasution merupakan generasi ke tujuh dalam keluarga Nasution. Ayahnya pindah dari desa Mandailing, Ujong Lombang ke Singapura pada tahun 1950-an, sebelum akhirnya berpindah ke Kedah, sebuah wilayah di Malaysia.

Saifuddin Nasution menyelesaikan pendidikannya di Tamagawa Gakuen, Tokushima, Jepang dan mendapatkan lencana kepengurusan latihan. Saifuddin Nasution mendapatkan gelar sarjana sains dalam bidang Agronomi, dari Universiti Putra Malaysia.

Karir Saifuddin Nasution di dunia politik Malaysia bisa dibilang cemerlang. Saat ini Saifuddin Nasution dianggap sebagai figur senior dalam perpolitikan Malaysia.

Saifuddin Nasution menyelesaikan pendidikannya di Tamagawa Gakuen, Tokushima, Jepang dan mendapatkan lencana kepengurusan latihan.

Saifuddin Nasution mendapatkan gelar sarjana sains dalam bidang Agronomi, dari Universiti Putra Malaysia. Karir Saifuddin Nasution di dunia politik Malaysia bisa dibilang cemerlang. Saat ini Saifuddin Nasution dianggap sebagai figur senior dalam perpolitikan Malaysia.

Baca juga:  Hafizha Ingatkan Pelajar Bintan: Jauhi Narkoba

Pada tahun 2008, Saifuddin Nasution pernah menjadi anggota Parlemen Malaysia untuk konstituensi Machang, di Kelantan. Kemudian pada tahun 2010, ia terpilih menjadi Sekretaris Jenderal PKR menggantikan Salehuddin Hashim.

Pada tahun 2014 ia mengosongkan jabatannya untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden partai tersebut, namun dikalahkan oleh Azmin Ali.

Hingga pada November tahun 2016, ia kembali diangkat menjadi Sekretaris Jenderal PKR, kali ini menggantikan Rafizi Ramli.

Pada tahun 2018 lalu, Saifuddin Nasution didapuk menjadi Menteri Perdagangan Domestik dan Urusan Konsumen.

Saifuddin Nasution menjadi Menteri Perdagangan Dalam Negeri dibawah pemerintahan Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad.

Kemudian pada Jumat (2/12/2022) lalu, Saifuddin Nasution kembali dipercaya memegang jabatan penting dalam pemerintahan Malaysia.

Berbeda dari sebelumnya, kali ini Saifuddin Nasution dipercaya menjadi Menteri Dalam Negeri. Dengan dilantiknya Saifuddin sebagai menteri, maka secara otomatis ia diangkat pula sebagai senator

Saifuddin Nasution memulai karir politiknya pada tahun 1995 dengan bergabung bersama partai Organisasi Kebangsaan Melayu Bersatu (UMNO), sebuah partai politik terbesar dan tertua di Malaysia. (arp/trb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini