Beranda Headline

Longgarkan Kebijakan Kunjungan Wisman, Presiden Jokowi Respon Positif Usulan Ansar

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat mendampingi Presiden Joko Widodo menuangkan air dalam kegiatan Kendi Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022)-f/istimewa-screenshoot youtube setpres

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan, Presiden Joko Widodo merespon positif usulan Pemprov Kepri, terkait kelonggaran kebijakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di wilayah ke Kepri.

Ansar menuturkan, respon itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepadanya usai kegiatan Kendi Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,

“(Waktu itu) Pak Presiden spontan menjawab iya besok saya pulang langsung kita teruskan,” kata, Ansar menirukan ucapan Presiden Jokowi, di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Rabu (16/3/2022).

Ansar mengutarakan, adapun usulan kelonggaran yang disampaikannya langsung ke Presiden Jokowi yakni, kelonggaran kebijakan kunjungan bagi wisman secara menyeluruh di wilayah Batam dan Bintan.

“Intinya kita usulkan agar kebijakan kunjungan wisman di Kepri ini sama seperti di Bali yang sifatnya menyeluruh,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, Pemprov Kepri juga meminta supaya tidak ada lagi kewajiban swab PCR bagi para wisman saat kedatangan namun cukup dengan swab antigen.

“Ketika tiba di sini baru PCR, pulangnya nanti antigen lagi,”tuturnya.

Kemudian, Visa on Arrival (VoA) juga diusulkan untuk diperbanyak. Ansar menuturkan, agar Voa di Kepri sama seperti di Bali yang sudah membuka untuk 23 negara.

Terakhir, Pemprov Kepri juga mengusulkan, agar kebijakan kunjungan wisman ke Kepri tidak hanya sebatas di Batam dan Bintan saja. Namun, dapat juga dilakukan disejumlah daerah, seperti, di Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Saya katakan kepada Pak Presiden kalau ini sukses, kita bisa mengejar pertumbuhan ekonomi di angka 5 sampai 6 persen. Pak Presiden menyambut baik,” tuturnya.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini