Beranda Headline

KRI Bung Tomo-357 Bersama Angkatan Laut Pakistan Latihan Militer di Arab

0
Anggota TNI AL KRI Bung Tomo-357 bersiap-siap ikuti latihan bersama peserta negara Multinational Exercise Aman-21 di laut Arab-f/istimewa-koarmada I

TANJUNGPINANG (HAKA) – Angkatan Laut Indonesia yang berada di kapal perang KRI Bung Tomo-357, menggelar latihan bersama Angkatan Laut Pakistan di laut Arab, Samudera Hindia, Senin (15/2/2021). Hal itu diutarakan oleh Dansatgas Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro.

Latihan militer ini kata Sirilus, diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan bernama Multinational Exercise Aman-21.

“TNI AL bersama kapal-kapal dari peserta negara lainnya akan melaksanakan latihan aspek laut selama dua hari,” ucap Sirilus.

Selama latihan internasional itu, sambung Sirilus, masing-masing peserta akan mempraktekkan kerja sama militer. Yakni, salah satunya menangkal serangan cepat dari target kecil maupun melakukan manuver bersama.

Selain itu, para peserta latihan akan melaksanakan kerjasama melawan pembajakan, operasi pencarian, dan penembakan dengan berbagai senjata artileri yang ada di kapal masing-masing.

“Tentunya dengan target permukaan killer tomato pada jarak sekitar lima kilometer” imbuhnya.

Sementara itu, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid menambahkan, dalam Multinational Exercise Aman-21. Yakni, latihan dilaksanakan dua fase yang disebut harbour phase dan sea phase.

Untuk harbour phase mencakup Konferensi Maritim Internasional (IMC-21) yang diselenggarakan oleh Institut Nasional Urusan Maritim (NIMA) dibawa naungan Angkatan Laut Pakistan.

Sedangkan fase sea phase, menurut Rasyid, salah satu agendanya untuk memperkuat kerjasama antara angkatan laut dari berbagai negara peserta.

Selain itu juga bertujuan, peserta saling bertukar pengalaman dalam memerangi pembajakan laut di perairan, yang lalu lintasnya padat.

“Latihan bersama yang diikuti oleh KRI Bung Tomo-357, merupakan salah satu kebijakan strategis Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi dalam memenangkan kepentingan nasional,” tutupnya.

Diketahui, KRI Bung Tomo-357 tiba di Pakistan pada 11 Februari 2021, setelah dilepas di Jakarta International Container Terminal II (JICT) pada Jumat (29/1/2021). (rul/rilis)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here