Beranda Headline

KPU: DPT Provinsi Kepri untuk Pemilu 2024 Capai 1,5 Juta Orang

0

example banner
Ketua dan Komisioner KPU Kepri saat rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT tingkat Provinsi Kepri di Aston Hotel Tanjungpinang, Selasa (27/6/2023)-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – KPU Kepulauan Riau (Kepri), menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Provinsi Kepri pada Pemilu 2024 sebanyak 1.500.974 orang.

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT tingkat Provinsi Kepri di Aston Hotel Tanjungpinang, Selasa (27/6/2023).

Komisioner KPU Provinsi Kepri, Priyo Handoko menyampaikan, DPT yang ditetapkan tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 753.535, orang dan pemilih perempuan 747.439 orang.

“Mereka tersebar di 5.914 TPS se-Kepri,” jelasnya usai pleno.

Lebih lanjut ia mengutarakan, DPT Provinsi Kepri tersebut, berkurang sebanyak 3.800 orang, dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan pada April 2023 lalu, yaitu sebanyak 1.504.704 orang.

“Pengurangan akibat ada warga pindah domisili baik keluar atau masuk ke Kepri, meninggal dunia, menjadi anggota TNI/Polri, pensiunan TNI/Polri termasuk membersihkan data ganda”paparnya.

Dalam kesempatan itu, Priyo juga menyatakan, dari DPT yang disampaikan itu, tak ada ditemukan data ganda, baik di internal maupun antarkabupaten/kota setempat.

“Jadi, dapat dipastikan DPT tingkat Provinsi Kepri yang diplenokan hari ini, sudah bersih dan berkualitas,” sebutnya.

Setelah ini sambungnya, DPT Provinsi Kepri tersebut, akan dilanjutkan dengan pleno DPT tingkat nasional.

“Pelaksanaannya di KPU RI pada rentang tanggal 2 hingga 4 Juli 2023,” pungkasnya.(kar)

Baca juga:  KPU Kepri Ingatkan Ansar, Suryani dan Iman Lengkapi Berkas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini