Beranda Nasional

Keren! Kebijakan KKP Ditiru Negara Lain

0
Menteri KKP RI Susi Pudjiastuti

JAKARTA- Keberhasilan Indonesia dalam memberantas penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing), mendapat perhatian khusus dari berbagai negara.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, beberapa negara seperti Tiongkok dan Thailand saat ini tengah meniru kebijakan Indonesia untuk menyelesaikan masalah perikanan di negaranya, yakni dengan membentuk Satuan Tugas, seperti Satgas 115 (Satgas Pemberantasan Illegal Fishing).

Menurutnya, selain memberantas pencurian ikan secara ilegal, kebijakan kementerian yang dia pimpin saat ini telah mengawali negara-negara lain untuk memulihkan jumlah ikan di negaranya dan kelestarian laut negaranya.

“Beberapa negara melakukan policy penangkapan ikan moratorium secara keras. Seperti Laos, Myanmar juga ikut buat Satgas. Kamboja juga sama. Thailand, China (Tiongkok) dan Vietnam juga ikutan moratorium kapal ikan,” kata Susi di Komplek Widya Candra, Kamis (6/4/2017) lalu.

Tiongkok bahkan sudah sejak tahun lalu memberlakukan moratorium penangkapan ikan di perairannya. Hal itu membuat kapal-kapal ikan dari Negeri Tirai Bambu tersebut berlayar ke perairan jauh. Begitu pun dengan Thailand.

Efek dari keberhasilan pemberantasan illegal fishing tersebut, tentunya berdampak positif pada hasil tangkapan. Terutama jumlah ikan yang melimpah.

“Di Ambon, di pinggirannya saja rata-rata sudah bisa nangkap ikan yang beratnya 4 kg. Kalau policy dijaga, bisa-bisa tuna ada di pinggiran dengan bobot 30 kg,” ucap Susi. (jpnn.com)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here