Beranda Headline

Kementerian PUPR akan Bangun Rumah untuk Korban Longsor Serasan

0
Alat berat membersihkan material longsor yang menimbun jalan dan rumah di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Rabu (8/3/2023)-f/istimewa-bnpb

NATUNA (HAKA) – Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, memastikan, Kementerian PUPR akan membangun rumah relokasi korban bencana longsor di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna.

“Rumah yang akan dibangun nanti di atas lahan seluas 7,5 hektar itu berjenis Risha atau Rumah Instan Sederhana Sehat,” katanya, ketika meninjau lokasi bencana longsor di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kamis (10/3/2023).

Basuki menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan seluruh material dan komponen untuk pembangunan rumah relokasi korban bencana longsor tersebut.

“Material dan komponennya akan dikirim dari Palembang menggunakan kapal TNI AL,” jelasnya.

Pemerintah, juga akan membangun sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti jalan, jembatan, tempat ibadah hingga fasilitas air yang rusak karena bencana longsor.

“Kita akan bangunkan jalannya, jembatannya, airnya, musalanya sebagai komunitas baru nantinya,” terangnya.

Dalam relokasi ini, kata Basuki, pihaknya akan memprioritaskan warga terdampak dan yang berada di dalam zona rawan bencana.

“Menurut Pemkab tadi ada potensi longsor sehingga kita akan lihat mana-mana saja yang harus kita relokasi,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data pencarian dan pertolongan per Jumat (10/3/2023), sebanyak 36 orang telah dinyatakan meninggal dunia dalam bencana ini. Selain itu, 18 orang masih dalam pencarian, dan 1.216 warga masih mengungsi di empat titik.(kar)

Baca juga:  Punya Banyak Lokasi Wisata, Kadispar Yakin Pariwisata Kepri akan Bangkit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini