Beranda Headline

Kategori Kepala Daerah, Bupati Roby Terima Baznas Awards 2024

0
Ketua Baznas RI Nomor Achmad serahkan penghargaan Baznas Awards 2024 kepada Bupati Bintan Roby Kurniawan, di Hotel Bidakara Jakarta-f/istimewa-diskominfo bintan

JAKARTA (HAKA) – Bupati Bintan Roby Kurniawan, menerima Baznas Awards tahun 2024 kategori Kepala Daerah (Kada) pendukung pengelolaan zakat terbaik, dari Baznas RI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas RI Noor Achmad, di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, Pemkab Bintan untuk pertama kalinya mendapatkan Baznas Awards, dalam melakukan pengumpulan serta pengelolaan zakat di daerah.

“Ini berkat kerjasama berbagai pihak khususnya Baznas Bintan. Sehingga, ada inovasi dan terobosan serta kecintaan kita terhadap zakat,” ucap Roby.

Bupati Bintan Roby Kurniawan (dua dari kanan kedua) foto bersama usai terima penghargaan Baznas Awards 2024-f/istimewa-diskominfo bintan

Dirinya bersama Ketua Baznas Bintan Suryono menyampaikan rasa syukur, bahwa dengan segala upaya yang dilakukan selama ini, menghantarkan Bintan menerima kategori awards tahun 2024 tersebut.

Bahkan selama ini, sejak pertama dilantik sebagai Pj Bupati Bintan, Roby mengaku telah mewakafkan seluruh gajinya kepada Baznas, untuk dikelola dan disalurkan kepada penerima fakir miskin.

“Kami akan memaksimalkan berbagai terobosan dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat di wilayah Bintan ke depannya,” tutupnya.

Tercatat pada tahun 2023, sambung Roby, Baznas Bintan berhasil menghimpun Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp 2,1 miliar. Bahkan, pengumpulan zakat itu merupakan pencapaian tertinggi semenjak terbentuknya Baznas Bintan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Ketua Baznas Bintan Suryono (kanan) perlihatkan penghargaan Baznas Awards 2024 untuk Kabupaten Bintan-f/istimewa-diskominfo bintan

Pendistribusian Rp 1,6 miliar zakat tahun 2023 untuk 8 asnaf (berhak menerima). Yang disalurkan melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat, bantuan kesehatan, pendidikan dan sosial keagamaan, santunan anak yatim, pembinaan mualaf dan bantuan bagi panti asuhan yang ada di wilayah Bintan.

Selain itu, kata Roby, Baznas bersama TP PKK Bintan gencer berkeliling di setiap kecamatan, untuk mendistribusikan paket bantuan duafa, dan anak beresiko stunting.

“Sebelumnya Baznas mengumpulkan ZIS rata-rata Rp 600 Juta setiap tahunnya,” tutupnya.

Baca juga:  Rahma Pastikan BLT Tetap Disalurkan, tapi Tunggu Pemprov Bagi Sembako Dulu

Diketahui, dalam kegiatan itu juga Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima Baznas Awards kategori Gubernur menduduk program Baznas Kepri.

Baznas Awards 2024 itu memberikan penghargaan berbagai kategori kepada Kada yakni, 18 gubernur, 58 bupati, dan 25 Wali Kota se-Indonesia. (adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini