Beranda Daerah Anambas

Karena Keindahannya, Pantai Padang Melang Jadi Lokasi Event Internasional

0
Opening Ceremony Padang Melang Internasional Folklore Festival 2023-f/screenshot-youtubepemkabanambas

ANAMBAS (HAKA) – Padang Melang Internasional Folklore Festival 2023, sukses digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas, pada Jumat (2/6/2023) hingga Minggu (4/6/2023) lalu.

Saat membuka event tahunan tersebut, Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, mengatakan, pemerintah daerah bangga diberi kesempatan, untuk dapat memperkenalkan pesona Anambas ke dunia luar.

“Termasuk, West Sumatera Yacht Rally yang telah berlangsung sejak bulan Maret 2023,” ujarnya.

Wan Zuhendra juga memaparkan keindahan alam Anambas yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke kabupaten termuda di Provinsi Kepri tersebut.

Pantai Padang Melang yang jadi lokasi event internasional-f/screenshot-youtubepemkabanambas

“Keunggulan di Anambas adalah wisata bahari, apabila tamu-tamu berkunjung, sempatkanlah menikmati wisata bawah laut, berenang, snorkeling, diving, memancing dan bermain kano. Aktivitas ini bisa dinikmati hampir di seluruh penjuru Anambas,” paparnya.

Ia menegaskan, Anambas juga memiliki pesona alam yakni air terjun yang berada di tiga titik yang berbeda. Bagi yang suka berpetualang, bisa menyusuri jalan-jalan setapak hingga air terjun.

“Atau bisa juga ke pulau-pulau yang berpenghuni dan berkemah di sana,” imbuhnya.

Menurutnya, Anambas memiliki nilai sejarah yang bisa menjadi potensi wisata bagi wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Yacht saat berada di event Padang Melang Internasional Folklore Festival 2023-f/screenshot-youtubepemkabanambas

“Saat menikmati wisata sejarah di Anambas dengan mengunjungi monumen-monumen bersejarah, dan wisata religi yang berada di beberapa titik tertentu,” sebutnya.

Untuk wisata kuliner, Anambas juga memiliki makanan dengan cita rasa khas dan memberi pengalaman tersendiri. Wisata kuliner juga menjadi sasaran utama bagi para wisatawan.

“Dengan diselenggarakannya event ini, kami berharap wisata Anambas ke depan akan terus berkembang dan mampu meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat sekitar,” katanya.

Padang Melang Internasional Folklore Festival 2023, dimeriahkan oleh peserta Rally Yacht dari 13 negara, penampilan tim seni budaya dari Malaysia, Singapura dan kontingen seni budaya asal Sumatera Utara, Medan.

Baca juga:  Dispar Kepri Harap Kemenkeu Bisa Segera Putuskan Tarif VoA

Padang Melang International Folklore Festival Tahun 2023 berlokasi di Pantai Padang Melang, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Suasana pengunjung event Padang Melang Internasional Folklore Festival 2023-f/screenshot-youtubepemkabanambas

Keindahan Pantai Padang Melang ini mendorong Kementerian Pariwisata RI mempromosikannya. Melalui Festival Padang Melang pada 2018 lalu atau sebelum pandemi Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri, Raja Hery Mokhrizal menyampaikan, Pantai Padang Melang dikenal sebagai satu-satunya pantai terpanjang di Anambas.

Pantai ini memiliki panjang sekitar 7,2 kilometer dengan pemandangan exotis disekitarnya. Pantai Padang Melang menjadi ikon wisata Anambas.

“Karenanya, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang untuk melihat betapa luasnya pantai ini,” ungkapnya.

Selain dikenal dengan luasnya, bentuk pantainya yang melengkung dengan pasir putih yang bersih semakin menambah keindahan pantai tersebut.

Hery juga menerangkan jika Pantai Padang Melang ini telah ditetapkan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sebagai salah satu daya tarik wisata di Kepulauan Riau. (arp)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini