Beranda Headline

Kaji Metode Belajar di Sekolah, Disdik Kepri Akan Terapkan Sistem Gantian

0
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Muhammad Dali-/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tengah mengkaji metode pembelajaran di era new normal.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kepri M Dali menyampaikan, pihaknya mewacanakan daerah di Provinsi Kepri yang berzona hijau, untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah, tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Setiap sekolah di zona hijau nanti akan diminta untuk mempersiapkan sarana dan prasana dan teknis pembelajaran, seperti tempat cuci tangan di masing-masing kelas,” katanya kemarin.

Selain itu lanjutnya, apabila kondisi ruang kelas di sekolah tidak memungkinkan untuk menerapkan physical distancing, maka akan dilakukan dengan sistem gantian.

“Separuh belajar di sekolah dan separuhnya lagi rumah, secara bergantian. Sedangkan yang di sekolah menerapkan social distancing antarbangku siswa. Yang jelas pembelajaran jalan, tapi kami belum memutuskan seperti apa,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengutarakan, pihaknya dalam waktu dekat juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri terkait data, ODP, PDP dan OTG.

Ia menyebut, data itu diperlukan untuk mengetahui orang tua wali murid, atau orang terdekat baik itu guru, ada yang berstatus ODP, PDP, OTG.

Dengan adanya data itu, kata Dali, pihaknya dapat melakukan antisipasi, berupa pelarangan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, hingga yang bersangkutan dinyatakan sembuh atau bebas dari Covid-19.

“Jadi hal-hal ini masih dirapatkan, tidak itu saja, kita harus banyak melihat faktor-faktor lainnya apabila dilakukan metode new normal di sekolah,” sebutnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here