Harian Kepri

Berhasil Juara, Juwariyah Ingin Tanjungpinang Menang Lagi di PKK Tingkat Nasional

Ketua PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul saat menggendong salah satu balita-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, membuka secara resmi rangkaian lomba PKK Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Rabu (26/2/2020) di Halaman Gedung Serbaguna Wijaya Pura, Perumahan Bukit Raya, Jalan Ganet.

Adapun lomba yang digelar di antaranya, penilaian kelompok usaha pendapatan peningkatan keluarga (UP2K) sebanyak 5 kelompok, lomba balita sehat diikuti 6 orang dan lomba bayi sehat sebanyak 15 orang.

Dalam sambutannya, Juwariyah Syahrul mengharapkan agar perlombaan tersebut bisa berjalan lancar dan sukses. Harapannya, perlombaan dapat memberi kontribusi ke masyarakat menuju arah yang lebih baik.

“PKK harus berperan aktif mendukung potensi dan kemandirian masyarakat,” ujarnya

Untuk itulah ia menilai PKK harus berperan aktif mendukung keberadaan masyarakat guna memberdayakan segenap potensi dan kemandirian masyarakat. Karena, PKK sebagai suatu gerakan masyarakat dan diharapkan dapat membantu masyarakat serta menjadi pilar keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan, PKK dapat menjadi benteng pertahanan dampak negatif bagi generasi muda.

Ia mengatakan, masing-masing PKK kelurahan yang ada di Tanjungpinang akan mengadakan lomba tersebut.

“Setelah selesai di tingkat kelurahan, bulan depan dilanjutkan ke tingkat kecamatan hingga tingkat nasional,” ungkapnya.

Juwariyah Syahrul menerima penghargaan dari Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo

Pada tahun 2019 lalu, kata dia, PKK Kota Tanjungpinang berhasil mendapatkan juara 3 kategori UP2K di tingkat nasional, dari perwakilan Kelurahan Senggarang.

“Mudah-mudahan tahun ini, PKK Kota Tanjungpinang dapat juara lagi di tingkat nasional,” harapnya.

Ia menceritakan, pada Mei 2019 yang lalu, Tim Penilai dari PKK Pusat telah melakukan Penilaian terhadap kelompok UP2K Super Delya yang merupakan binaan Kelurahan Senggarang. Penilaian tersebut dilakukan dengan indikator upaya bersama menuju keluarga sejahtera.

“Tim penilai pada saat itu telah langsung melakukan pengecekan untuk meninjau dan mengevaluasi kembali, apakah laporan yang diterima Tim Penilai Pusat sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan, pada waktu itu UP2K Super Delya ini masuk dalam nominasi 6 besar Nasional,” jelasnya.

Dari hasil penilaian dan kerja keras bersama selama ini, Juwariyah menambahkan, bahwa akhirnya UP2K Kerupuk Sotong Super Delya Kelurahan Senggarang yang sudah PKK bina, telah berhasil meraih prestasi di tingkat Nasional dengan penghargaan Pakarti Madya III.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang atas bimbingan dan pembinaan kepada kami dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peran nyata PKK, dan sangat bersyukur telah menghasilkan prestasi, ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kota Tanjungpinang,” tutup Juwariah.

Ketua PKK Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul saat acara di di Halaman Gedung Serbaguna Wijaya Pura, Perumahan Bukit Raya, Jalan Ganet.

Juwariyah mengatakan, kala itu penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul. Pada penyerahan penghargaan tersebut turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Kepri, Hj. Riawina Asman Taufik dan juga Ketua TP PKK Kelurahan Senggarang, Yetti Iman Syatria.

Bukan itu saja. Dalam kegiatan lomba masak serba ikan dengan mengangkat tema “Ragam menu masakan ikan, untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak” tingkat Provinsi Kepri, PKK Kota Tanjungpinang juga berhasil menyabet juara. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Asrama Haji Tanjungpinang, Kamis (24/10/2019).

Juwariyah mengatakan, tujuan kegiatan lomba masak itu untuk memasyarakatkan gerakan makan ikan, selain itu untuk memotivasi masyarakat dapat membuat sajian bercitarasa tinggi pada olahan perikanan.

Juwariyah bersyukur atas prestasi yang diraih oleh perwakilan PKK Kota Tanjungpinang yang berhasil meraih juara 1 menu keluarga dan juara 3 menu balita.

“Mudah-mudahan peserta yang mewakili dari Kota Tanjungpinang dapat terus meningkatkan kreatifitas dan cita rasa dalam memasak menu serba ikan, untuk ke depannya,” harapnya. (adv)

 

Exit mobile version