Beranda Headline

Jadi Irup di Hari Otonomi Daerah, Sekdaprov Adi Bicara Soal Stunting

0
Sekda Provinsi Kepri, Adi Prihantara saat menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah, Kamis (25/4/2024)-f/dimas-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara menjadi inspektur upacara (irup) dalam Perayaan Hari Otonomi Daerah ke 28, di Halaman Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Kamis (25/4/2024).

Dalam amanatnya pada upacara tersebut, Adi menyampaikan pesan yang dititipkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada pemerintah daerah dan semua jajaran terkait.

“Untuk mencapai visi Indonesia Emas di tahun 2045, kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien, dan berkelanjutan,” ucapnya.

Ia mengatakan, Kemendagri juga berkomitmen untuk memperkuat fungsinya dalam memberi fasilitas produk hukum daerah, yang berfokus pada pembangunan ekonomi hijau.

“Saat ini, pemerintah daerah menghadapi berbagai tantangan dalam pembangunan, salah satunya program penanggulangan stunting,” ungkapnya.

Adi menyebutkan, bahwa Pemerintah Pusat menargetkan penurunan angka stunting anak menjadi 14 persen, secara nasional pada tahun 2024.

“Untuk mencapai itu, diperlukan koordinasi dan sinergi yang lebih baik antara semua pihak terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Adi juga mengungkapkan bahwa dalam 28 tahun berjalannya Otonomi Daerah, telah terlihat dampak positif dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan peningkatan kapasitas fiskal daerah juga terlihat sudah mulai meningkat. Kenaikan ini semoga dapat dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tutupnya. (adv)

Baca juga:  Kemendagri Persilakan Isdianto Rotasi Pejabat Pemprov

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini