Beranda Daerah Bintan

Jadi Bahan Lomba Tingkat Kecamatan, Dewi Ansar: Sorgum Komoditas Andalan Bintan

0
Ketua PKK Kepri, Dewi Kumalasari, didampingi Ketua PKK Bintan, Hafizha Rahmadhani, saat melihat sajian lomba B2SA berbahan sorgum yang ditampilkan oleh kader PKK Kecamatan-f/istimewa

BINTAN (HAKA) – Pengurus PKK yang ada di 9 kecamatan, Kabupaten Bintan mengikuti lomba cipta kuliner berbahan sorgum di Pasar Tani, Kecamatan Toapaya, Rabu (16/11/2022).

Ketua PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar turut menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut. Ia mengatakan, masing-masing peserta menampilkan menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA).

“Saya sangat mengapresiasi semua kader PKK, yang telah berkreasi menciptakan sajian pangan lokal sorgum, sebagai bahan andalan dalam menyajikan menu bergizi dan seimbang,” ucap Dewi.

Menurutnya, gandum sorgum akan dijadikan ketahanan pangan dan agribisnis di Bintan. Komoditas ini salah satu pengganti kebutuhan bahan pokok beras maupun pangan lainnya.

“Bahkan, sorgum ditargetkan sebagai salah satu komoditi andalan Bintan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Bintan, Hafizha Rahmadhani menambahkan, ada beberapa menu lomba yang disajikan para kader untuk dikonsumsi oleh anak. Ide itu sangat brilian dalam pengembangan komoditas tersebut.

“Kader PKK mampu mengembangkan imajinasinya untuk memberi sentuhan pada menunya masing-masing. Temanya kan bahan lokal, jadi memang sangat selaras dengan wilayah kita,” tutur Hafizha.

Ia meminta panitia penyelenggara untuk membukukan dalam satu dokumen semua menu baru serta resep yang ditampilkan oleh masing-masing peserta lomba.

“Supaya dijadikan rujukan dan sekaligus disosialisasikan kepada masyarakat tentang beberapa varian makanan sehat bergizi serta seimbang berbahan sorgum itu,” pungkasnya.

Pada lomba B2SA ini, PKK Kecamatan Teluk Sebong keluar sebagai juara pertama. Disusul oleh Kecamatan Bintan Pesisir, kemudian Kecamatan Bintan Utara di posisi ketiga.

Sedangkan, Kecamatan Gunung Kijang menjadi juara harapan satu. Urutan selanjutnya, Kecamatan Bintan Timur dan Kecamatan Mantang. (rul)







TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini