Beranda Daerah Bintan

Istri Sekda Bintan Masih Berstatus Pegawai Pemprov Nyaleg dari Golkar

0
Ketua DWP Bintan, Eliza Riani (kiri) saat menghadiri salah satu acara di Kantor Bupati Bintan-f/istimewa

BINTAN (HAKA) – Eliza Riani yang merupakan Ketua DWP Bintan, masih tercatat sebagai pegawai honorer di Sekretariat DPRD Kepri.

Hal itu dibenarkan oleh Kabag Risalah dan Persidangan Setwan DPRD Kepri, Surya Eddy, Kamis (31/8/2023) sore. Menurutnya, Eliza Riani adalah Staf Komisi I DPRD Kepri.

“Yang bersangkutan masih aktif kerja, dan hari ini, Eliza masuk kantor,” ucap Edi secara singkat.

Kasubbag TU DPRD Kepri Herman Muis menambahkan, pihaknya juga telah mendiskusikan hal itu secara internal, agar BKD Kepri dapat memberikan arahan, terkait Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup Setwan DPRD Kepri, yang masuk Bacaleg.

Namun hingga saat ini, kata Herman, belum ada arahan dari BKD, apakah ada surat edaran dari KSAN tentang PTT maupun honorer yang menjadi Bacaleg Pemilu 2024.

“Untuk surat pengunduran diri Eliza dari Staf Komisi I DPRD Kepri, kami belum dapat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bintan Haris Daulay, mengatakan bahwa Eliza Riani asal Partai Golkar itu, telah ditetapkan sebagai sebagai daftar calon sementara (DCS) bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Bintan, pemilu 2024.

Di tahapan tanggapan dan masukan masyarakat pada tanggal 19-28 Agustus 2023, pihaknya tidak menemukan nama yang bersangkutan ada laporan dari warga.

Menurut Haris, tidak satupun bacaleg yang terlewatkan dalam proses verifikasi berkas maupun data calon yang diupload di sistem informasi pencalonan (silon) KPU tentang status pekerjaan mereka di instansi pemerintah.

Baik itu melalui KTP-el bacaleg maupun formulir pernyataan masing-masing Bacaleg Bintan. Dan dinyatakan tidak ada satu pun status pekerjaan mereka di BUMD, PTT/Honorer di instansi tertentu.

“Maka dianggap clear atau Memenuhi Syarat (MS),” jelasnya.

Meskipun faktanya, Eliza sebagai honorer DPRD Kepri, namun tidak ada warga yang melaporkan pada tanggapan dan masukan masyarakat itu.

Baca juga:  Dapat Anggaran Rp 16 Miliar, KPU Tanjungpinang Siap Gelar Pilkada 2024

“KPU tetap melanjutkan proses bacaleg nya ke tahap daftar calon tetap (DCT) nanti,” pungkasnya.

Diketahui, Eliza Riani adalah istri Sekdakab Bintan Ronny Kartika. Bahkan, Eliza selaku Ketua DWP Bintan sangat aktif diberbagai kegiatan Pemkab Bintan saat ini. (rul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini