Beranda Headline

Ini Dia Mantan Sopir Angkot Jadi Orang Terkaya di Indonesia, Hartanya Rp 752 Triliun

0
Prajogo Pangestu orang terkaya di Indonesia-f/istimewa-net

JAKARTA (HAKA) – Seorang pengusaha kaya raya asal tanah Borneo Kalimantan, dinobatkan sebagai konglomerat paling tajir di negara Indonesia. Dia adalah Prajogo Pangestu. Di awal Desember 2023, harta Prajogo menyentuh US$ 48,7 miliar atau setara Rp 752,7 triliun (kurs Rp 15.456).

Dilansir dari detik.com, Sabtu (10/12/2023), Prajogo adalah pria kelahiran 13 Mei 1944 dari Kalimantan Barat. Ia merupakan putra seorang pedagang karet. Karena alasan ekonomi ia hanya bisa menamatkan pendidikan SMP, dan pernah mengadu nasib ke Jakarta.

Tapi upayanya belum berhasil hingga harus kembali ke kampung halaman. Saat kembali itulah Prajogo sempat bekerja sebagai sopir angkot.

Data dari Forbes, Senin (4/12/2023), harta kekayaan Prajogo mengalami peningkatan pesat, yaitu sebesar US$ 1 miliar atau setara Rp 15,4 triliun. Hal ini membuat Prajogo menjadi orang paling kaya di Indonesia atau orang terkaya ke-26 di dunia.

Pada awal Oktober, harta kekayaan Prajogo hanya sekitar US$ 10,1 miliar atau setara Rp 156,1 triliun yang membuatnya menduduki peringkat ke-4 orang terkaya di Indonesia. Namun, pada awal November harta kekayaan Prajogo melejit hingga mencapai US$ 38,7 miliar atau setara Rp 598,1 triliun.

Lonjakan harta tersebut berasal dari perusahaannya yang melantai di bursa saham Indonesia, yaitu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) dan saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN).

Pada tahun 2022, kekayaan Hartono bersaudara yaitu R. Budi Hartono dan Michael Hartono mencapai US$ 47,7 miliar atau setara Rp 737,2 triliun dan membuat mereka menjadi orang terkaya di Indonesia pada tahun itu.

Namun, kekayaan Hartono bersaudara merupakan harta kekayaan gabungan dari R. Budi Hartono dan Michael Hartono, sehingga jika dipisahkan harta kekayaan mereka belum melebihi harta Prajogo saat ini. (fik/dtk)

Baca juga:  Pemprov Kepri Tak Ingin Kenaikan Tarif Listrik di Batam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini