Beranda Daerah Batam

Independensi dan Netralitas ASN Masih Jadi Problem

0
Sekdarov Kepri HTS Arif Fadillah di Sosialisasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Swiss Bell Hotel Batam, Kepri Kamis (6-4-2017).

BATAM (HAKA) – Sekdaprov Kepri HTS Arif Fadillah, mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini dituntut memiliki kinerja tinggi dan kompetensi yang baik. Tidak cukup itu saja, ASN juga dituntut memiliki inovasi untuk maju kembangnya organisasi yang dipimpinannya.

Itu disampaikannya saat membuka secara resmi Sosialisasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Swiss Bell Hotel Batam, Kepri Kamis (6/4/2017).

Dijelaskan Arif Fadillah, saat ini tuntutan untuk memiliki ASN yang berkualitas memang menjadi satu kebutuhan. Mengingat tantangan yang dihadapi semakin kompleks. “ASN harus bisa menjadi solusi guna mengatasi tantangan yang makin komplek tersebut, ” kata Arif.

Menyangkut Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) diakui Arif, memang seharusnya yang duduk adalah orang-orang yang cakap secara kualitas, integritas independensi dan netralitas. Hanya saja, berbicara independensi serta netralitas saat ini menghadapi problematika.

Sementara Komisioner KASN Priono Tjiptoherijanto, mengharapkan melalui sosialisasi seleksi terbuka JPT diharapkan lahirnya pejabat pejabat yang berdedikasi berwawasan serta berintegritas. Itu semua bisa diraih, bila penerapan undang-undang dijalankan dengan baik.

Seperti diketahui pada prinsipnya Undang -Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) No 5 Tahun 2014 sudah cukup baik. Terlebih sambung Priono, UU ASN telah menerapkan sistem Merit. Yakni kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikaasi, kompetensi, kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik ras warna kulit agama asal usul dan jenis kelamin.

Termasuk pula status pernikahan umur ataupun kecacatan. “Melalui sosialisasi ini juga, kita mengharapkan akan lahir perecapatan pelaksanaan reformasi guna mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien,” jelas Priono.

Dia menambahkan, sejauh ini seleksi terbuka atas JPT sudah dilaksanakan di semua Kementerian/Lembaga, 33 provinsi dan 395 kabupaten/kota.

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota KASN Noraida Mokhsen, Sekdaprov Sumatera Barat, Sekdako Kota Batam Jepridin, Sekdako Kota Tanjungpinang Riono para peserta yang berasal dari Provinsi Kepri, Provinsi Riau, Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat. (red/humas pemprov)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here