Beranda Headline

Hari Ini PeduliLindungi Berganti Jadi Aplikasi Satu Sehat Mobile

0
Aplikasi PeduliLindungi diganti menjadi Aplikasi Satu Sehat-f/istimewa-screenshoot-aplikasi

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kementerian Kesehatan RI, mengubah Aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile. Perubahan itu dilakukan hari ini Rabu (01/3/2023).

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Tanjungpinang, Sri Handono mengaku, bahwa berdasarkan informasi yang beredar, memang aplikasi PeduliLindungi akan berubah.

“Namun kami belum dapat petunjuk teknis (Juknis) dari pusat. Sehingga saya belum bisa menjelaskan secara rinci terkait transisi aplikasi tersebut, saya baru dapat isu-isu saja,” katanya, Selasa (28/2/2023) kepada hariankepri.com.

Kendati demikian, lanjutnya, jika juknis tersebut sudah didapatkan, maka tentunya di daerah, tinggal mengikuti dan menjalankan saja.

“Nanti saya juga akan cek ke bidang lain, untuk informasi lebih lanjut,” tukasnya.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji menyampaikan, pembaruan PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile, artinya akan lebih luas lagi kegunaannya.

Setiaji menjelaskan aplikasi ini dirancang tidak untuk Covid-19 saja, tapi seluruh penyakit juga akan ada di sana.

“Kita sedang mentransisi PeduliLindungi menjadi satu sehat, akan kita launching mudah-mudahan 28 Februari,” kata Setiaji, Kamis (16/2/2023) lalu, yang dilansir hariankepri.com dari CNBC Indonesia.

Ia menyebutkan, sejumlah fitur-fitur apa saja fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Salah satunya, nantinya saat pengguna jalan kaki akan mendapat poin dan bisa ditukar dengan vitamin dan lainnya.

Selain itu aplikasi ini juga bisa dibuat untuk mengakses medical record atau riwayat kesehatan mulai dari hasil laboratorium, kardiologi, dan vaksin seperti polio.

Untuk melakukan migrasi aplikasi ini, tim hariankepri.com mencoba melakukan update aplikasi PeduliLindungi. Sistem secara otomatis merubahnya menjadi aplikasi Satu Sehat Mobile.

Pengguna diminta melakukan login ulang dengan nomor handphone atau email yang terdaftar diaplikasi PeduliLindungi. Kemudian, akan dikirim kode verifikasi dari sistem. Setelah kita meng-input kode tersebut, Satu Sehat Mobile sudah bisa langsung digunakan. (zul)

Baca juga:  Oknum Anggota TNI Terlibat Prostitusi Online di Wisma Bintan Harmoni Diciduk Polisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini