Beranda Headline

Figur Kadispar Kepri Menurut Ketua Komisi II: Berani Tolak Kebijakan VoA

0
Ketua Komisi II DPRD Kepri, Wahyu Wahyudin-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Seleksi terbuka atau open bidding Pemprov Kepri, memasuki babak baru. Dari tiga posisi yang dibuka, jabatan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri cukup menarik perhatian.

Sebab, selain sudah cukup lama kosong, tiga pejabat yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi, ada dua yang pernah, dan saat ini sedang duduk di Dinas Pariwisata (Dispar).

Yakni, Guntur Sakti eks pejabat Kemenparekraf sekaligus mantan Kadispar Kepri di era kepemimpinan Gubernur Alm HM Sani. Kemudian, Zulkifli yang saat ini Sekretaris Dispar Kepri.

Hal itu pun mendapat perhatian dari Komisi II DPRD Kepri yang merupakan mitra kerja Dispar Kepri. Ketua Komisi II Wahyu Wahyudin mengatakan, siapapun yang dipilih sebagai Kepala Dispar Kepri, pejabat itu harus paham dunia kepariwisataan di Provinsi Kepri.

“Kemudian, paling tidak pejabat itu bisa menguasai bahasa asing. Seperti, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan kalau bisa fasih berbahasa Arab,” katanya, kepada hariankepri.com, Kamis (12/10/2023).

Selain itu, sambung, Politisi PKS ini, Kadispar nanti juga harus membawa dunia kepariwisataan di Kepri ini menjadi lebih baik lagi.

“Kadispar nanti, harus membentuk destinasi-destinasi pariwisata yang baru dan sesuai dengan kearifan lokal,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kadispar Kepri juga dituntut dapat membuat gebrakan-gebrakan untuk kemajuan dunia pariwisata di Kepri.

“Gebrakan yang saya harapkan adalah bagaiamana dia nantinya bisa meminta ke pusat supaya VoA (Visa on Arrival,red) di Kepri dihapuskan,” tegasnya.

Khusus untul VoA tersebut, Wahyu menyarankan, agar Kadispar bersama seluruh stakeholder kepariwisataan di Kepri, untuk menyatakan sikap ke Pemerintah Pusat menolak kebijakan VoA di Kepri.

“Nanti kami akan mendukung itu. Saya, selaku Ketua Komisi II dan juga Fraksi PKS akan mendukung sepenuhnya agar VoA ini tidak diberlakukan di Provinsi Kepri,” pungkasnya.

Baca juga:  Dinilai Tak Kreatif, Kinerja OPD yang Dipimpin Reni Yusneli Disorot DPRD Kepri

Sebelumnya, pada Rabu (11/10/2023) Panitia Seleksi (Pansel) merilis hasil seleksi administrasi untuk seleksi terbuka atau open bidding tiga posisi kepala dinas atau Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemprov Kepri.

Dalam pengumuman Nomor 07/PANSEL-JPTP/KEPRI/X/2023, sebanyak 16 pejabat dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi yang dibuka sejak 26 September – 10 Oktober 2023 lalu.

Ke -16 nama pejabat yang sudah dinyatakan lulus tersebut, didominasi dari pejabat yang berasal di lingkungan Pemprov Kepri. Seperti, Guntur Sakti pejabat fungsional Pemprov Kepri dan Sekdispar Kepri, Zulkifli yang lulus di yang lulus seleksi administrasi untuk posisi Kadispar Kepri.

Kemudian, Sekdisperindag Provinsi Kepri, Riki Rionaldi yang lulus seleksi untuk posisi Kadiskop dan UMKM, serta Sekretaris BPKAD Provinsi Kepri, Burhanudin yang lulus untuk administrasi untuk posisi Kadissos.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini