Beranda Headline

Embarkasi Batam Layani 12.298 JCH, dari Provinsi Kepri 1.343 Jemaah

0
Suasana rapat persiapan operasional haji di Embarkasi Batam, Jumat (10/5/2024)-f/dimas-hariankepri.com

BATAM (HAKA) – Embarkasi Batam akan melayani 12.298 Jemaah Calon Haji (JCH) pada musim haji tahun 2024 ini. Hal ini disampaikan Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu, Kemenag RI, Ramadhan Harisman.

“Syarat utama berangkat haji tahun ini, harus memperoleh nomor porsi dan lulus pemeriksaan kesehatan, lalu baru bisa melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH),” ungkap Harisman dalam rapat persiapan Embarkasi Batam, Jumat (10/5/2024) kemarin.

Ia mengungkapkan, bahwa pemeriksaan kesehatan penting untuk memastikan jemaah mampu menjalani ibadah haji secara mandiri, termasuk kemampuan untuk mandiri ke kamar kecil.

“Data kami, ada 45.000 jemaah lansia akan berangkat haji tahun ini dari seluruh Indonesia dan mereka dianggap mampu secara fisik untuk melaksanakan ibadah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Batam, Mahbub Daryanto, menjamin pelayanan haji tahun ini akan lebih baik. Fasilitas kesehatan, kursi roda, dan petugas lansia telah disiapkan.

“Proses keberangkatan harus efektif dan efisien untuk kenyamanan jemaah,” katanya.

Mahbub menyebutkan, bahwa Embarkasi Batam akan melayani 12.298 jemaah, yang terbagi dalam 28 kloter. Dari Kepulauan Riau 1.343 orang, Riau 5.273 orang, Kalimantan Barat 2.611, dan Jambi 3.071 orang.

Ia menjelaskan, usai para JCH memasuki asrama, proses penerimaan meliputi pemeriksaan barang bawaan, penyerahan kupon konsumsi, pemeriksaan kesehatan, penyerahan obat-obatan, penyerahan paspor, tiket pesawat, dan gelang identitas.

“Agar proses keberangkatan lancar, disarankan untuk menyimpan semua barang di dalam koper,” pintanya mengakhiri.(dim)

Baca juga:  Tinggal di Hotel Bintang Lima, Jemaah Calon Haji Bintan Tiba dengan Selamat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini