Beranda Headline

Diterima Rahma, Kemensos RI Bagi Bantuan untuk PPKS Tanjungpinang

0
Wali Kota Rahma saat menyerahkan bantuan-f/istimewa-prokopim

TANJUNGPINANG (HAKA) – Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, menerima bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Sentra Abiseka Kemensos RI Pekanbaru, Rabu (8/3/2023) di aula Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tanjungpinang.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Sentra Abiseka Kemensos RI Pekanbaru, Agus hasyim Ibrahim. Bantuan Atensi ini ditujukan kepada PPKS yang ada di Kota Tanjungpinang.

Agus menjelaskan, PPKS adalah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial. Mereka ini adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

“Sehingga memerlukan pelayanan sosial, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani dan rohani maupun sosial yang memadai,” terangnya.

Sebelum bantuan ini diserahkan, kata Agus, telah dilakukan asesmen komprehensif Sentra Abiseka Kemensos RI Pekanbaru yang dilaksanakan sejak
31 Januari 2023 sampai 3 Februari 2023.

Ia menjelaskan, asesmen komprehensif ini dilakukan kepada Penerima Manfaat (PM), sesuai dengan data usulan dari pendamping di daerah yang berjumlah 100 orang terdiri dari disabilitas, lansia dan kelompok rentan.

“Asesment ini berupa wawancara kepada PM, terkait masalah kebutuhan. Agar nantinya penyaluran bantuan sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” paparnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, bahwa wawancara ini dilaksanakan selama dua hari di Aula Dinsos Tanjungpinang, pada Rabu (1/2/2023) hingga Kamis (2/2/2203) lalu.

“Wawancaranya dua sesi. Setiap sesi ada 25 orang penerima manfaat yang diwawancarai,” terangnya.

Adapun rincian PM yaitu, lansia 33 orang disabilitas 45 orang, kelompok rentan 7 orang, dan orang dengan HIV 15 jiwa. Sedangkan jenis bantuan yang diberikan adalah, bantuan kewirausahaan, nutrisi, alat bantu disabilitas, obat-obatan, kebutuhan sandang dan lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengucapkan terima kasih kepada Sentra Abiseka Kemensos RI Pekanbaru, yang telah menyalurkan bantuan ke masyarakat Tanjungpinang, yang masuk dalam kategori PPKS.

Baca juga:  Fraksi PDIP DPRD Kepri Soroti PAD yang Hanya Andalkan Pajak Kendaraan

“Saya berharap, bantuan ini membawa dampak dan manfaat bagi masyarakat kami yang menerimanya,” singkatnya.(zul)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini