Beranda Headline

Ditemani Ansar, Menhub Budi Karya Soft Launching KMP Bahtera Nusantara 03

0
Menhub Budi Karya Sumadi berbincang dengan Gubernur Ansar Ahmad disela soft launching pengoperasian KMP Bahtera Nusantara 03 di Pelabuhan Penyeberangan Telaga Punggur, Kota Batam, Sabtu (4/2/2023)-f/istimewa-@ansarahmadofficial

BATAM (HAKA) – Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad, melakukan soft launching pengoperasian KMP Bahtera Nusantara 03 di Dermaga Penyeberangan Pelabuhan Punggur Kota Batam, Sabtu (4/2/2023).

Menhub mengatakan, KMP Bahtera Nusantara 03 merupakan kapal penyeberangan Ro-Ro baru yang akan beroperasi di Provinsi Kepri.

Menurutnya, kehadiran kapal penyebrangan tersebut, akan semakin mempermudah mobilitas masyarakat yang akan melakukan penyebrangan.

“Sekaligus membuka akses lebih luas lagi khususnya untuk wilayah kepulauan, perbatasan dan 3T yakni tertinggal, terluar dan terdepan,” katanya.

Ia menambahkan, pengoperasian kapal Ro-Ro tersebut juga sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo. Selain itu, kapal ini juga diharapkan akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

“Penambahan kapal baru ini, diyakini akan memberikan multiplier effect, bagi perekonomian masyarakat. Karena banyak kegiatan terusan yang bisa dihandle masyarakat, dengan bertambahnya armada baru, yang akan mengelilingi lingkar utara Kepri ini,” harapnya.

Gubernur Ansar dikesempatan itu menyampaikan, KMP Bahtera Nusantara 03 tentunya akan melengkapi keberadaan kapal KMP Bahtera 01 yang selama ini telah beroperasi melayani masyarakat Kepri dan sekitarnya.

“Penambahan kapal baru ini, pastinya memberikan banyak pilihan masyarakat, dalam menunjang aktifitas bisnis dan usahanya,”sebutnya.

KMP Bahtera Nusantara 03 dikerjakan oleh PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS) ini berukuran 1500 GT. Kapal ini memiliki spesifikasi panjang 71,92 m, lebar 14 m, tinggi 4,6 m, dengan kecepatan di atas 15 knot.

Kapal yang nantinya melayani rute lintas Uban – Tambelan – Sintete – Sambas Kalimantan Barat itu, memiliki kapasitas penumpang sebanyak 386 orang. Serta 24 orang ABK, dan dapat mengangkut 14 kendaraan truk besar, 12 truk sedang dan 10 unit kendaraan roda 4.(kar)

Baca juga:  Polres Bintan Kirim Ratusan Paket Sembako dan Uang Tunai ke Korban Banjir

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini