Beranda Headline

Disparbud Tanjungpinang Targetkan Kunjungan Wisman 100 Ribu Orang

0
Kepala Disparbud Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanjungpinang, Muhammad Nazri menargetkan di tahun 2024 ini, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 100 ribu orang, yang datang ke Tanjungpinang.

Nazri menegaskan, target itu optimis bisa terealisasi, mengingat di wilayah destinasi wisata Kota Tanjungpinang, sudah banyak dilakukan pembenahan.

“Salah satunya kota lama Jalan Merdeka, yang sudah dibenahi oleh Pemprov Kepri, begitu juga Pulau Penyengat,” kata Nazri kepada hariankepri.com, beberapa waktu lalu.

Di samping itu, kata dia, Pemko Tanjungpinang juga melakukan event berskala internasional, yakni Festival Pulau Penyengat yang diselenggarakan pada Oktober 2024 mendatang.

“Dengan adanya event besar itu, kita harap kunjungan wisman bisa capai target,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Nazri, rencana pembangunan pusat kuliner berkonsep seperti Melayu Square (MS), juga akan dilakukan di Taman Budaya, Kampung Bugis pada tahun 2024 ini.

“Nanti di Taman Budaya itu akan kita buat mirip MS. Rencana pembangunan ini salah satu upaya kita untuk menarik wisman,” tuturnya.

Nazri menjelaskan, kunjungan wisman dalam setahun belakangan ini jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Target 2022 sebanyak 40 ribu wisman namun hanya terealisasi 23 ribu orang. Sedangkan tahun 2023 target 45 ribu, dan Alhamdulillah, 50 ribu wisman yang berkunjung ke Tanjungpinang,” tukasnya.

Ia menerangkan, rata-rata yang banyak berkunjung itu, didominasi oleh warga dari negara Malaysia dan Singapura.(zul)

Baca juga:  Penyelewengan Dana Bansos Pemprov, Kejati Kepri Sudah Periksa 8 Orang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini