Harian Kepri

Diserahkan Rahma, 6.349 Warga Pinang Dapat BLT dan BST Rp 500 Ribu Per KK

Wali Kota Rahma saat menyerahkan BLT dan BST kepada warga Tanjungpinang secara simbolis-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sebanyak 6.349 Kepala Keluarga (KK) se-Kota Tanjungpinang, mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) sembako, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng dari Kementerian Sosial RI.

BLT dan BST tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma secara simbolis, di Kantor Pos Tanjungpinang, Senin (11/4/2022).

Rahma mengatakan, warga yang mendapatkan bantuan tersebut, merupakan warga yang terdaftar dalam program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Data warga ini sudah disinkronkan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan sudah diverifikasi. Jadi penyaluran bantuan ini tepat sasaran, juga mencegah potensi data ganda dan fiktif,” sebutnya.

Menurutnya, BLT minyak goreng yang diserahkan ini, terhitung periode Januari hingga Maret dengan nilai Rp 300 ribu per KK.

Foto bersama Wali Kota Rahma dengan penerima bantuan

Sedangkan BST atau BPNT untuk 1 bulan (Mei) sebesar Rp 200 ribu. Sehingga total yang diterima sebesar Rp 500 ribu per KK.

“Kepada warga yang menerima saya harap dapat digunakan untuk membeli minyak goreng dan sembako sesuai kebutuhan,” pesannya.

Karena kata Rahma, bantuan yang diserahkan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat ditengah pandemi Covid-19 ini, serta membantu warga yang terdampak kenaikan harga minyak goreng di pasar-pasar tradisional.

“Sesuai tujuan dari pemberian BLT adalah untuk meringankan beban masyarakat dari kenaikan harga minyak goreng, sehingga program ini manfaatnya dapat dirasakan langsung bagi masyarakat yang membutuhkan,” harapnya.

Rahma juga meminta kepada seluruh masyarakat, agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan seketat-ketatnya dalam mengambil BLT dan BST dikantor Pos tersebut.

Wali Kota Rahma menyampaikan sambutan di depan penerima bantuan

Hal itu diminta, kata Rahma, mengingat jumlah penerima bantuan sangat ramai, tentunya sangat dikhawatirkan apabila tidak diberlakukan dengan prokes ketat mengingat Covid-19 masih ada.

Ia juga menyarankan bagi penerima BLT dan BST yang belum vaksin, bisa mendatangi ke fasilitas kesehatan yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Saya harap ketika ngambil BLT tetap jaga prokes, dan bagi yang belum vaksin silahkan lakukan. Karena dengan vaksinasi maka akan menambah kekebalan imunitas tubuh, terutama bisa menghindari serangan Covid-19,” harapnya.

Sebagai informasi, jumlah penerima BST bulan Mei 2022 dan BLT minyak goreng yang disalurkan, yakni untuk Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 754 KK yang diserahkan pada Senin (11/4/2022).

Lalu, Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 1.563 KK akan diserahkan pada Selasa hingga Rabu, sedangkan Kecamatan Bukit Bestri sebanyak 1.247 KK diserahkan pada Kamis (14/4/2022). Sementara untuk Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 2.785 KK diserahkan mulai Senin depan (18/4/2022).(zul)

Exit mobile version