Beranda Headline

Diresmikan Ansar, SMKN 5 Tanjungpinang Punya Ruang Praktik Bernilai Rp 5 Miliar

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad ketika mengunjungi RPS Nautika SMKN 5 Tanjungpinang, Kamis (17/6/2021)-f/istimewa-humprohub kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meresmikan Ruang Praktik Siswa (RPS) Nautika Kapal Niaga dan Teknikal Kapal Niaga SMKN 5 Tanjungpinang, Madong, Kamis (17/6/2021).

Ansar mengatakan, SMK Negeri 5 Tanjungpinang dengan bidang keahlian kemaritiman, mempunyai peran yang sangat strategis.

“Kita harus menyiapkan tenaga-tenaga muda di bidang nautika. Saya ingin output SMK adalah generasi-generasi siap pakai. Hal ini harus diimbangi dengan program link and match yang baik,” katanya.

Selain itu, Gubernur Ansar juga berharap ke depannya lulusan SMK dapat dibekali dengan sertifikasi khusus. Sertifikat ini sebagai pengakuan keahlian mereka di dunia kerja dan industri.

“Orientasi pendidikan tidak hanya sebatas memenuhi wajib belajar, maka RPS ini memiliki peran vital. SMK jika tidak memiliki tempat dan fasilitas praktik yang tidak memadai maka outputnya tidak akan maksimal” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kepri, Muhammad Dali mengatakan, RPS Nautika Kapal ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020.

“Anggarannya ini Rp 5 Miliar, dari DAK tahun 2020,” jelasnya.

Dengan adanya RPS Nautika itu ujarnya, lulusan SMK N 5 Tanjungpinang akan selain akan mendapatkan sertifikat dari sekolah tapi juga akan dilengkapi dengan sertifikat keahlian.

“Sertifikat ini sebagai pengakuan keahlian mereka di dunia kerja dan industri maritim,” tuturnya.(kar/humprohub)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here