Beranda Headline

Dinsos Kepri Gelar Penyuluhan Sosial di Lingga

0
Tim Dinsos Kepri usai menyerahkan bantuan dan sosialisasi terkait kesejahteraan sosial masyarakat

LINGGA (HAKA) – Dinas Sosial (Dinsos) Kepulauan Riau menggelar kegiatan penyuluhan sosial. Kegiatan ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu Kecamatan Lingga Utara dan Desa Tanjung Kelit, Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga, yang digelar selama tiga hari sejak tanggal 10 hingga 12 Juli 2018.

Sekretaris Dinsos Kepri, Endang Suhara mengatakan, penyuluhan sosial merupakan gerakan dasar dan jembatan antara dinsos dengan masyarakat dalam memberikan informasi dan pemahaman, mengenai permasalahan sosial di masyarakat.

“Sekaligus sebagai upaya menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggungjawab sosial, sehingga masyarakat yang mampu dapat ikut membantu mengatasi permasalahan sosial di masyarakat,” katanya, Rabu (11/7/2018).

Untuk sasaran dari kegiatan penyuluhan sosial ini, lanjutnya, yaitu kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial dan potensi sumber kesejahteraan sosial.

“Seperti permasalahan sosial di kedua tempat tersebut, yakni adanya kelompok masyarakat pesisir yang miskin yang dulunya adalah sebagai Komunitas Adat Terpencil (KAT),” imbuhnya.

Maka dari itu, kata dia, Pemerintah Provinsi melalui Dinsos Kepri terus memberi perhatian, dengan membantu warga eks KAT melalui program pemberdayaan fakir miskin.

“Kami juga melakukan pendataan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) terhadap warga eks KAT tersebut dan juga memberikan Bantuan Sosial (Bansos) berupa sembako. Sebanyak 200 warga yang menerima sembako tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk RTLH pihaknya hanya bersifat mengusulkan, karena kewenangan RTLH di Dinas Perkim Kepri.

“Yang kita usulkan, dari dua lokasi yaitu Dapur Arang ada 15 rumah dan di Mengkuang ada 16 rumah dan di Linau sedang menunggu laporan dari Dinsos Lingga,” ucapnya. (zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here