Beranda Headline

Dinas Sosial Tanjungpinang Pastikan Nama Rudi Chua Tak Ada Lagi di DTKS

0
Suasana di Kantor Dinas Sosial Tanjungpinang-f/dokumen-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, menyampaikan, bahwa persoalan nama Anggota DPRD Kepri, Rudi Chua yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Tanjungpinang tahun 2022, telah selesai.

“Per Maret 2023 kemarin, data beliau sudah dihapus oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Pusdatin yang diterbitkan melalui SK,” terang Kepala Dinas Sosial, Marzul Hendri, Selasa (16/5/2023).

Ia menjelaskan, data atas nama Rudi Chua itu masuk SK DTKS pada Maret 2022. Namun sejak saat itu juga, Dinsos Tanjungpinang langsung merubah status Rudi Chua tidak layak, sembari mengajukan permohonan ke Kemensos untuk dihapus.

“Saat itu juga langsung ditidaklayakkan oleh Dinsos,” ujarnya.

Marzul juga memastikan, bahwa meskipun nama Rudi Chua sempat masuk di DTKS, tapi beliau tidak pernah diberi bantuan sosial apapun.

“Alhamdulillah, nama beliau sudah resmi dicoret oleh pusat,” tegasnya.

Marzul juga menerangkan, bahwa nama Rudi Chua masuk bukan karena diusulkan dari tingkat RT RW, Kelurahan, Kecamatan atau pun Dinsos, namun memang tiba-tiba muncul dalam DTKS.

“DTKS ini kan wewenang pusat. Memang pengusulan dari daerah, tapi tidak mungkin juga kita mengusulkan nama anggota dewan. Apalagi polanya berjenjang dari bawah,” terangnya.

Pihaknya menduga, Kemensos RI menarik data covid di tahun 2021, yang dari Tanjungpinang lalu masuk ke DTKS. Karena di saat itu, ada lonjakan jumlah DTKS ribuan orang.

“Tapi sudah kami sinkronisasi lagi. Untuk yang tidak layak sudah diusulkan dihapus,” imbuhnya.

Selain itu Marzul juga mengimbau masyarakat, agar tidak menjadikan pengecekan nama penerima bantuan sosial melalui website cekbansos. Sebab, data itu tidak akurat.

“Kemensos sudah mengingatkan juga, bahwa mengecek harus ke Dinas Sosial, karena data ter-update ada di dinsos, bukan melalui website,” tegasnya.

Baca juga:  Disdik Tanjungpinang Terbitkan Edaran, SD dan SMP Boleh Masuk Sekolah

Sementara itu, Anggota DPRD Kepri Rudi Chua juga sudah lega, karena namanya sudah tidak ada lagi dalam DTKS Kota Tanjungpinang.

“Saya sampaikan terima kasih ke Dinsos Tanjungpinang yang sudah merevisi data tersebut,” singkatnya.(zul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini