Beranda Daerah Batam

Diminta Ansar Jadi Mitra Pariwisata, Ketua ASITA Siap Pasarkan Kepri ke Luar Negeri

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad-f/istimewa-humprohub

BATAM (HAKA) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak, Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia, untuk membangkitkan sektor pariwisata Kepri.

Wilayah Kepri kata Ansar, sebagai daerah kunjungan wisata terbanyak kedua setelah Bali pada tahun 2019. Sebab, Kepri memiliki keunggulan baik dari segi karakteristik pesona alam dan lingkungan.

Di antaranya, wisata pantai dan bahari, sport tourism, budaya serta meeting incentive conference dan exhibition (MICE).

“Saya minta ASITA Kepri menjadi partner pemerintah, agar kita bersama-sama siap menerima kunjungan wisatawan Asing, supaya ekonomi pulih di masa Pandemi Covid-19 ini,” ajak Ansar.

Artinya, untuk membangun sektor pariwisata secara komperhensif harus melibatkan multipihak agar tujuan bersama tercapai. Salah satunya, ASITA sebagai garda terdepan untuk pengembangan serta kemajuan industri pariwisata.

“Olehnya itu, kita persiapkan sumber daya manusia (SDM), destinasi, ekonomi kreatif dan pemasaran, serta fasilitas penunjang lainnya,” ucap Ansar via zoom dalam acara pelantikan Ketua dan Pengurus ASITA Kepri, pada Kamis (28/10/2021).

Pemerintah Provinsi Kepri, menurut Ansar, berkomitmen akan menyelesaikan semua program serta target-target di sektor pariwisata. Dengan konsep pentahelix, lima pilar pembangunan kepariwisataan.

“Kami yakin pengurus ASITA yang baru ini, akan lebih kreatif dan bisa membaca orientasi pasar yang sangat potensial, untuk kita tarik wisatawan datang ke Kepri,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) ASITA, N Rusmiati mengatakan, sebagai pelaku industri biro perjalanan wisata, pihaknya siap memasarkan berbagai produk ke wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Pihaknya, juga akan menawarkan berbagai paket menarik, dan akan menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan sesuai Clean, Health, Safety and Environment (CHSE).

“Kami akan all out memasarkan pariwisata di dalam maupun luar negeri,” imbuhnya.

Ketua DPD ASITA Kepri, Eva Betty Siahaan juga mengatakan, pihaknya adalah unsur yang berdiri paling depan untuk memasarkan produk yang unik, spesifik dan menarik, agar wisatawan datang ke Kepri.

Untuk itu, Eva, meminta para pengurus agar berkontribusi lebih banyak untuk daerah ini. Mulai dari mempersiapkan SDM pariwisata yang handal, menyelenggarakan event berskala nasional dan internasional.

Selanjutnya, pihaknya akan mengkoordinasi penyelengaraan umroh, dan menjadikan Batam menjadi hubungan umrah untuk Pulau Sumatera.

“Secara pribadi dan secara organisasi, kami DPD ASITA Kepri mengundang para pihak untuk bekerjasama dalam unsur pariwisata ini,” pungkasnya.

Diketahui, acara pelantikan Ketua ASITA DPD Kepri periode 2021-2026, Eva Betty bersama pengurusnya dilantik oleh Ketum DPP ASITA, N Rusmiati, secara virtual di Hotel Four Point by Sheraton, Kota Batam, Kamis (28/10/2021).

Secara via zoom cara ini, dihadiri oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Wali Kota Batam diwakili Kadis Kebudayaan Pariwisata, Ardiwinata. Lalu, ada juga Kadis Pariwisata Kepri Buralimar, dan sejumlah ketua asosiasi serta undangan lainnya. (rul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here