Beranda Headline

Di Tengah Pandemi, Mantan Pjs Gubernur Kepri Minta Kerukunan Beragama Tetap Dirawat

0
Dirjen Pol & Pum Kemendagri, Bahtiar Baharudin dalam diskusi dengan tema “Peran FKUB dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama di Masa Pandemi Covid-19-f/istimewa-puspen kemendagri

JAKARTA (HAKA) – Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Politik & Pum) Kemendagri, Bahtiar Baharudin menekankan, kerukunan umat beragama harus terus di rawat, meski sedang memghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, memelihara kerukunan umat beragama tidak hanya menjadi kebutuhan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) maupun negara.

Namun, kerukunan ini merupakan kebutuhan seluruh dunia karena pandemi menjalar begitu luas.

“Kerukunan ini harus kita rawat di tengah pandemi ini,” katanya saat memberi pengantar pada diskusi virtual dengan tema, Peran Forum Kerumunan Umat Beragama (FKUB) dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama di Masa Pandemi Covid-19, yang digelar Ditjen Pol & Pum, Kamis (5/8/2021).

Dijelaskannya, Indonesia dapat menjadi kiblat bagi negara lain dalam memelihara kerukunan sosial, termasuk keagamaan.

Ia menyebut, beberapa gerakan sosial yang sebelumnya tak pernah terjadi, tetapi kini dialami oleh sejumlah negara.

“Bahkan ada gerakan-gerakan rasial di negara-negara yang kita anggap campaign- campaign demokrasi,” tutur mantan Pjs Gubernur Kepri ini.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasih atas kesungguhan pemerintah daerah termasuk jajaran Kementerian Agama (Kemenag) di pusat maupun daerah, termasuk FKUB yang telah banyak membantu pemerintah dalam menjaga kerukunan.(kar)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here