Beranda Daerah Batam

Cegah Konflik Sosial Lewat Kearifan Lokal, Dinsos Kepri Hadirkan 49 Tokoh dan Pelopor Perdamaian

0
Pj Sekdaprov Kepri membuka Sarasehan Kearifan Lokal yang digelar Dinsos Kepri, Senin (21/3/2022) di Batam-f/zulfan-hariankepri.com

BATAM (HAKA) – Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau, menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Kearifan Lokal tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Golden View, Batam, Senin (21/3/2022).

Kegiatan yang digelar selama 3 hari, mulai 21 Maret hingga 23 Maret tersebut dibuka oleh Penjabat Sekda Provinsi (Sekdaprov) Kepri, Eko Sumbaryadi.

Eko yang juga Kadis Sosial itu mengatakan, kegiatan Sarasehan Kearifan Lokal ini, merupakan implementasi dari undang-undang nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial.

Pembukaan Sarasehan Kearifan Lokal dihadiri Sekretaris Dinsos Kepri, Yeni Ardianti, Anggota DPRD Kepri, Alex Guspeneldi-f/zulfan-hariankepri.com

“Pemerintah daerah sesuai kewenangannya harus melakukan pencegahan konflik, serta memelihara kondisi damai di masyarakat,” terangnya.

Untuk mewujudkan hal itu, sambung Eko, pihaknya mengoptimalkan peran masyarakat dalam pencegahan konflik sosial di Provinsi Kepri, melalui Sarasehan Kearifan Lokal ini.

Ia berharap kepada seluruh peserta dapat aktif memberikan sumbang saran, sehingga akan didapatkan sejumlah rekomendasi dan kesepahaman yang positif.

“Terutama, terkait komitmen bersama untuk mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dalam penanganan konflik secara komprehensif, terkoordinasi, dan terintegrasi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Eko juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, narasumber dan undangan yang hadir. “Juga kepada anggota DPRD Kepri, Pak Alex Guspeneldi, yang mendorong terselenggaranya sarasehan ini,” ucapnya.

Foto bersama Pj Sekdaprov usai pembukaan Sarasehan Kearifan Lokal-f/zulfan-hariankepri.com

Sementara itu, Kabid Perlindungan Korban Bencana Dinas Sosial Provinsi Kepri, Hanizar menyampaikan, adapun peserta sarasehan ini diikuti sebanyak 49 orang.

Yang terdiri dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan relawan pelopor perdamaian dari Kota Tanjungpinang, Batam, Bintan dan Kabupaten Karimun.

“Kami juga mengundang sejumlah narasumber yang berasal dari Dinsos Kepri, anggota DPRD Kepri, Polda Kepri, Badan Intelijen Nasional (BIN) Kepri, serta dari akademisi Universitas Batam,” ucapnya mengakhiri.

Hadir dalam pembukaan Sarasehan Kearifan Lokal di antaranya Sekretaris Dinsos Kepri, Yeni Ardianti, Anggota DPRD Kepri Alex Guspeneldi, Kabid Linjamsos Bintan, Kabid Linjamsos Karimun dan Sekretaris Dinsos Batam. (zul)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini