Beranda Headline

Cegah Kebutaan, LKKS Kepri Gelar Baksos di SMPN 1 Tanjungpinang

0
Ketum LKKS Kepri Noor Lizah Nurdin menyaksikan pemeriksaan mata siswa SMPN 1 Tanjungpinang didampingi Doli Boniara

TANJUNGPINANG (HAKA) – Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Kepri mengadakan bakti sosial (baksos), berupa pemeriksaan mata low vision bagi siswa SMPN 1 Tanjungpinang, Jumat (23/11/2018).

Ketua Umum LKKS Provinsi Kepri, Noor Lizah mengatakan, pemeriksaan low vision ini dilaksanakan secara gratis untuk murid yang kurang mampu, dengan mendatangkan dokter ahli mata.

Apabila dalam pemeriksaan itu ada anak-anak yang mengalami low vision, maka pihaknya langsung memberikan kacamata gratis.

Menurutnya, low vision itu memang tidak berbahaya, tapi kalau tidak dilakukan pemeriksaan secara dini maka akan berdampak buruk bahkan sampai kebutaan.

“Low vision itu seperti penglihatan rabun jauh, rabun dekat dan ada juga penyakit lain di mata yang tidak terdeteksi. Nah, itu kalau tidak ditangani maka mengakibatkan menjadi kebutaan,” kata Noor Lizah, usai melakukan pemantauan low vision di SMPN 1 Tanjungpinang.

Ia menambahkan, sebanyak 25 murid SMPN 1 yang terkena low vision. Dari 25 orang itu sudah dilakukan pemeriksaan dan juga sudah diberikan kacamata secara cuma-cuma.

Di tempat yang sama, Ketua Harian LKKS Provinsi Kepri, Doli Boniara menyampaikan, kegiatan baksos seperti ini sudah sering dilaksanakan, terutama disekolah-sekolah.

“Di kegiatan ini, kita fokus kepada murid yang tidak mampu. Kita berharap tidak ada halangan bagi anak-anak yang kurang mampu dalam mengatasi mata yang low vision,” ucapnya. (zul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here