Beranda Daerah Bintan

Bintan Bawa Ikon Suku Laut ke STQ

0
Bupati Apri bersama istri dan Wabup Dalmasri bersama istri

BINTAN (HAKA)-Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup H Dalmasri Syam berharap, agar penampilan stan Kabupaten Bintan menjadi daya tarik tersendiri, pada momen STQ tingkat Provinsi Kepri, di Kota Batam. Selain stan untuk bazar produk kerajinan Bintan, bupati dan wabup juga mengecek persiapan kafilah untuk melaksanakan pawai, di kawasan Engku Putri, Batam Centre, Kota Batam, Kamis (4/5/2017) sore.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menjelaskan, di momen tahun ini, Bintan menampilkan stan dengan ikon sampan kajang, dengan dasar atau bagian bawah menggambarkan wisata bahari. Sampan kajang adalah perahu tradisional suku laut di Bintan.

“Kajang itu adalah atap penutup bagi suku laut yang hidup di atas sampan. Kajang itu dijadikan rumah dan tempat tinggalnya, serta semua aktivitas,” terang Apri Sujadi.

Apri mengapresiasi atas kerja keras panitia dalam menyiapkan sarana guna menyukseskan STQ ke-VII Provinsi Kepri, yang dimulai dengan kegiatan pawai, Jumat (5/5/2017) ini. Pawai yang dilaksanakan kafilah Kabupaten Bintan mengangkat tema kemeriahan masyarakat Melayu pada malam tadarus Alquran, saat ramadan.

“Sedangkan stan dengan ikon sampan kajang ini, mengingatkan tentang keberagaman masyarakat Melayu di Kabupaten Bintan. Terutama di semenanjung pesisir pantai, yang bepergian menyeberang lautan di malam ramadan, beramai-ramai tarawih dan tadarus ke masjid,” terangnya.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Plt Sekda Bintan Adi Prihantara, Ketua PKK Bintan Hj Deby Apri Sujadi, Kepala DPMPTSP dan Naker Hasfarizal Handra, Kepala BPPPD Bintan Wan Rudi serta Kabag Kesra Kabupaten Bintan Arusman Yusuf. (eci)

Baca juga:  Tinjau Kesiapan TPS, Wako Ingin Tempat untuk Saksi Lebih Lapang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini