Beranda Daerah Bintan

Berkunjung ke PT BAI, Komisi IV DPRD Kepri Minta Prioritaskan Putra Daerah

0
Jajaran Komisi IV DPRD Kepri ketika berkunjung ke PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan, Selasa (5/3/2024)-f/istimewa-setwan dprd

BINTAN (HAKA) – Jajaran Komisi IV DPRD Kepri, berkunjung ke PT Bintan Alumina Indonesia (BAI), di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan, Selasa (5/3/2024).

Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Teddy Jun Askara mengatakan, kunjungan ini untuk melakukan peninjauan, terkait penerimaan dan penempatan tenaga kerja lokal dan penempatan Tenaga Kerja Asing (TKA) di perusahaan tersebut.

“Kami berharap PT BAI memprioritaskan putra-putri daerah untuk mendapatkan kemudahan mendapatkan tempat di PT BAI dan jangan sampai hanya sekedar jadi penonton,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Komisi IV DPRD Kepri juga berharap, PT BAI akan terus mendukung upaya pembangunan bidang ketenagakerjaan yang telah dilakukan hingga kurun waktu terakhir ini.

Selain itu, PT BAI juga diharapkan akan berupaya untuk memperluas unit usaha yang nantinya akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja lokal Provinsi Kepulauan Riau.

“Hal ini untuk mengatasi timpangnya pertumbuhan angkatan kerja dengan kesempatan kerja yang tersedia terutama di sektor formal,” jelasnya.

Sementara itu, Manager Pperasional PT BAI, Riyadi menjelaskan, bahwa saat ini 80 persen pekerja PT BAI merupakan putra-putri daerah.

Pihaknya juga sudah menjalin kerjasama dengan Kampus UMRAH, yang nantinya para mahasiswa tersebut akan diberikan kesempatan untuk magang di PT BAI.

“Contohnya di PLTU, yang mana ketika sudah menyelesaikan masa kuliah bisa dapat diterima di PT BAI,” sebutnya.

Riyadi dalam kesempatan itu juga menyampaikan, bahwa selama ini PT BAI juga selalu intens menjalin kerjasama bersama dinas kabupaten/kota dalam hal rekruitmen karyawan baru.

“Cuma memang kendalanya ada di sertifikasi. Selama ini yang diterima melalui Dinasker, akan dikirimkan ke China selama 3 bulan untuk mendapatkan sertifikasi di sana,” pungkasnya.

Baca juga:  Anggaran Pokir Disorot Huzrin, Sekdaprov: Itu Usulan dari Masyarakat

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Alex Guspeneldi, Hanafi Ekra, Uba Ingan Sigalingging, dan Muhammad Taufiq.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini