Beranda Headline

Bawa Nama Indonesia, SMA 1 Tanjungpinang Raih Juara 3 di Kompetisi YISF Internasional

0
SMA Negeri 1 Tanjungpinang-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 1 Tanjungpinang, berhasil meraih juara 3 pada ajang kompetisi Youth International Science Fair (YISF), yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA).

“Alhamdullillah SMA 1 dapat medali perunggu pada kompetisi tingkat internasional,” kata Kepala SMAN 1 Tanjungpinang, Imam Syafi’i, Sabtu (19/3/2022) saat dihubungi hariankepri.com.

Imam pun mengapresiasi prestasi tim KIR SMA 1 Tanjungpinang. Apalagi, ada 673 tim dari 23 negara yang ikut kompetisi tersebut, dan KIR SMA 1 bisa mengharumkan nama Tanjungpinang bahkan Negara Indonesia.

“Ini menjadi kebanggaan kita bersama, karena tim KIR SMA 1 bisa meraih prestasi berskala internasional,” ujarnya.

Ia menjelaskan, adapun karya ilmiah yang dimenangkan oleh KIR SMA Negeri 1 Tanjungpinang tersebut, yakni, penelitian inovasi pemanfaatan tumbuhan gulma menjadi minuman herbal praktis, sebagai peningkat imun di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, karya ilmiah tersebut sebelumnya telah dikirim, dan dipresentasikan secara online pada Februari 2022 lalu oleh tim KIR SMA 1 Tanjungpinang, yakni Jolin, Athaya dan Diva.

“Lalu pemenangnya diumumkan pada 17 Maret 2022 kemarin,” sebutnya.

Kendati mendapatkan medali perunggu, ia juga berharap kepada seluruh murid-murid, bisa belajar dan berkarya lebih maksimal lagi ke depannya.

“Teruslah berkarya yang lebih maksimal, sehingga bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi,” harapnya.

Karena kata dia, dirinya selaku kepala sekolah terus mendukung dan menyediakan berbagai macam fasilitas, maupun pendanaan, untuk melakukan kegiatan yang positif.

“Walaupun pandemi, kita tak boleh malas-malasan harus bisa mengejar prestasi,” tukasnya.

Diketahui, ajang riset internasional tersebut berafiliasi dengan BUCA IMSEF Turkey, MIICA Malaysia, Fakultas Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Universitas Dian Nuswantoro Semarang.(zul)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini