Beranda Headline

Antisipasi ISPA Karena Kiriman Asap, Pj Hasan: Pakai Masker di Luar Rumah

0
Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang, terutama anak-anak agar bisa menggunakan masker saat berada di luar rumah.

“Karena saat ini Tanjungpinang dapat kiriman kabut asap dari luar Kepri. Saya minta anak-anak maupun orang tua, menggunakan masker ketika di luar rumah,” katanya, Selasa (10/10/2023).

Hasan juga berpesan kepada orang tua, agar tidak membiarkan anak-anaknya berkeliaran di luar rumah. Sebab, kabut asap ini dapat menimbulkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dalam waktu dekat, ia juga akan ke BPBD Kota Tanjungpinang, agar bisa membagikan masker terutama ke anak-anak sekolah.

“Upaya pencegahan, kita akan ke BPBD untuk bagi masker,” tukasnya.

Sebelumnya, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Fadris menyampaikan, kiriman kabut asap ini berasal dari wilayah Sumatera seperti Riau dan Sumatera Selatan.

Menurutnya, kiriman asap ini terpantau sudah terjadi sejak akhir pekan kemarin. Namun, untuk jarak pandang pada saat ini dalam pantauan BMKG masih berada di jarak normal.

Pantauan siang hari ini, jarak pandang masih normal, yakni lebih dari 9.000 meter. Hal ini masih aman untuk kegiatan penerbangan maupun pelayaran.

“Tapi kepada warga agar menggunakan masker apabila di luar ruangan, dan berhati-hati jika membuang bahan-bahan yang dapat menyebabkan kebakaran lahan seperti puntung rokok dan lain sebagainya,” terangnya, Senin (9/10/2023).(zul)

Baca juga:  Sambil Ngopi, Cawagub Iman Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini