Beranda Headline

Ansar Sambut Gembira Pertumbuhan Ekonomi Kepri Tahun 2021 Naik 3,4 Persen

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad usai melepas ekspor alumina produksi PT BAI pada Juli 2021 lalu. Industri pengolahan memberi andil terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri tahun 2021-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri secara kumulatif sepanjang tahun 2021 sebesar 3,43 persen. Angka itu jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Dilansir dari Berita Resmi Statistik (BRS) BPS Kepri, perekonomian Kepri yang tumbuh positif itu, dipengaruhi oleh beberapa fenomena, seperti, adanya peningkatan ekspor sepanjang Januari-Desember 2021 dibanding periode yang sama di tahun 2020.

BPS Kepri mencatat, sepanjang Januari-Desember 2021 total nilai ekspor Kepri sebanyak US$16.019,02 juta. Angka itu, meningkat sebesar 33,42 persen dibanding periode yang sama di tahun 2020 yang sebesar US$12.006,08 juta.

Selain itu, fenomena lain yang turut memengaruhi pertumbuhan ekonomi Kepri di tahun 2021 yakni, peningkatan jumlah penumpang moda transportasi laut maupun udara.

Hal ini dikarenakan, ada kebijakan pelonggaran pembatasan masyarakat, setelah melandainya kasus konfirmasi Covid-19 di Kepri.

Realisasi belanja pegawai dan belanja barang dan jasa di instansi pemerintah menjelang akhir tahun, juga memberi andil terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri di tahun 2021.

Kemudian, geliat pembangunan yang dilakukan sepanjang triwulan IV di Provinsi Kepri, juga ikut memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri di tahun 2021.

Adapun, kategori yang memberi andil terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri di tahun 2021 yakni industri pengolahan dengan andil pertumbuhan sebesar 2,62 persen, kategori kontruksi dengan andil 0,86 persen dan kategori informasi dan komunikasi sebesar 0,30 persen.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan triwulan IV 2020, perekonomian Kepri di triwulan IV 2021 mampu tumbuh sebesar 5,27 persen. Sedangkan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri di triwulan IV 2021 jika dibandingkan dengan triwulan III pada 2021 tumbuh sebesar 6,87 persen.

Terpisah, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyambut positif capaian pertumbuhan ekonomi Kepri sepanjang 2021. Baginya, pertumbuhan positif itu, merupakan kabar gembira untuk seluruh masyarakat Kepri.

Menurut Ansar, kenaikan pertumbuhan ekonomi, merupakan hasil pencapaian dari ikhtiar bersama dengan berbagai stakeholder di Kepri.

“Kita mengajak semua komponen masyarakat Kepri untuk tetap optimis dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya, Selasa (8/2/2022).

Namun, ia menekankan, Pemprov Kepri akan tetap terus melakukan upaya-upaya pemulihan ekonomi. Sekaligus untuk tetap mempertahankan tren pertumbuhan ekonomi saat ini.

Untuk mewujudkan hal itu, kuncinya, kata dia, dengan tetap konsisten menjaga dan mematuhi displin protokol dalam pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

“Termasuk salah satunya dengan mengikuti program vaksinasi yang telah disediakan oleh pemerintah,” pungkasnya.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini