Beranda Daerah Bintan

Akhirnya Bahtera Nusantara 1 Diizinkan Berlayar, Tapi Tak Sampai ke Kalbar

0
Suasana penumpang saat melewati pintu loket Pelabuhan Penyebrangan Tanjunguban, Bintan Timur-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Sempat ditunda keberangkatannya karena cuaca buruk, akhirnya RoRo KMP Bahtera Nusantara 1 kembali diizinkan untuk berlayar, Rabu (27/12/2023).

Supervisi Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Sukma Nugraha, mengatakan, Bahtera Nusantara 1 telah dijadwalkan untuk berlayar dari Pelabuhan Tanjunguban ke Matak Kabupaten Anambas. Lalu ke Pelabuhan Midai dan Penagi yang di Natuna.

“Tapi tidak sampai ke Pelabuhan Sintete yang ada di Kalimantan Barat (Kalbar),” sebutnya.

Pihaknya tidak berani menerbitkan surat berlayar untuk Bahtera Nusantara itu untuk melanjutkan perjalanan ke Kalbar. Sebab, tanggal 28 Desember 2023 ke atas, rute itu masih dilanda cuaca buruk.

“Kami dan pihak Kapten Kapal Bahtera Nusantara 1 tidak mengambil resiko, dan kami lebih mengutamakan keselamatan penumpang,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa transportasi laut agar memahami kebijakan tersebut.

“Itu kebijakan yang harus diambil untuk keselamatan bersama. Mohon dimaklumi,” tuturnya.

Sukma menambahkan, Kapal RoRo Bahtera Nusantara itu telah ditentukan sebelumnya untuk melayani rute Pelabuhan Matak, Anambas, Pelabuhan Midai, Penagi, Subi, Serasan yang ada di Kabupaten Natuna, Sugi Kabupaten Karimun, hingga Pelabuhan Sintete Kalbar.

“Namun kondisi cuaca ekstrem saat ini, tidak bisa juga kami paksaan untuk berlayar ke rute-rute itu,” pungkasnya. (rul)

Baca juga:  Sisihkan Uang Jajan Demi Kejutan ke Wakil Bupati Natuna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini