Beranda Headline

Agustus-September Grafik Covid-19 di Kepri Naik Signifikan

0


Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sepanjang periode Agustus – September 2020, grafik kasus Covid-19 di Provinsi Kepri mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri di laman corona.kepriprov.go.id, periode Agustus 2020, total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Kepri sebanyak 1.024 kasus. Angka itu melonjak cukup signifikan di periode September 2.235 kasus.

Dari total 2.235 kasus konfirmasi positif itu, 633 di antaranya merupakan kasus aktif, 1.543 sembuh, dan 59 kasus meninggal dunia.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Arif Fadillah menyebut, tingginya kasus konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Kepri, didominasi oleh penularan orang yang berasal dari daerah zona merah ke Kepri.

“Sekarang kita imbau yang baru pulang dari zona merah untuk melakukan rapid dan swab. Ini selain untuk menjaga dirinya sendiri, juga untuk menjaga orang lain,” katanya di Gedung Daerah, Provinsi Kepri, Kamis (1/10/2020).

Selain itu lanjutnya, tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, juga turut ikut mempengaruhi tingginya kasus konfirmasi di Provinsi Kepri.

“Karena itu kalau kita konsisten disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Insya Allah kita akan terhindar dari virus itu,” sebutnya.

Karena imbuhnya, akibat dari tingginya kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kepri membuat para tenaga medis kini mulai kewalahan.

Namun, pihaknya menjamin sampai hari ini seluruh tenaga medis tersebut masih mampu untuk mengatasinya.

“Alhamdulillah sampai hari ini tenaga medis kita masih mampu, meskipun kita akui kewalahan. Terutama karena penambahan pasien yang cukup banyak seperti di Batam dan Bintan,” tuturnya.

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin menambahkan, dalam waktu dekat juga akan segera melakukan rapat koordinasi, dengan seluruh Satgas Covid-19 di Provinsi Kepri untuk menentukan strategi dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kepri.

“Salah satu anjuran beliau tadi agar seluruh Satgas di Kepri menyosialisasikan ke masyarakat, untuk selalu berjemur dan di kantor yang ber-ac juga disarankan untuk tidak terlalu dingin,” sebutnya.(kar)

example banner

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here