Beranda Headline

Ada Fenomena Super Moon, Pesisir Bintan Berpotensi Terjadi Banjir Rob

0
Banjir rob yang menggenangi pemukiman warga di jalan Merdeka, Tanjunguban Kota, Jumat (12/1/2024)-f/dimas-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat, untuk mewaspadai terjadinya potensi banjir rob akibat fenomea Super New Moon yang disertai peristiwa Perigee yang akan terjadi pada, Minggu (10/3/2024) akhir pekan ini.

“Peristiwa Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi,red) yang akan terjadi pada Minggu (10/3/2023) berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3/2024).

Eko melanjutkan berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir.

Di antaranya, pesisir Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

“BMKG mengimbau seluruh masyarakat yang berada di pesisir agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari kenaikan pasang maksimum air laut tersebut,” imbaunya.

Khusus untuk wilayah pesisir Kepri, daerah yang berpotensi terdampak yakni di wilayah pesisir Kota Batam, Kabupaten Karimun, dan Kabupaten Bintan.

“(Untuk) pesisir Karimun akan terjadi pada 9 – 13 Maret dan pesisir Batam serta pesisir Bintan akan terjadi pada 10 – 13 Maret,” pungkasnya.(kar)

Baca juga:  Pasundan Tanjungpinang Galang Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini