Beranda Headline

3.778 KK di Natuna Dapat BLT dari Pusat, yang Tidak Terakomodir Dibantu APBD

0
Plt Kepala Dinas Sosial, Puryanti-f/istimewa-koleksi pribadi

NATUNA (HAKA) – Plt Kepala Dinas Sosial Natuna, Puryanti mengatakan, Kabupaten mendapatkan kuota bantuan sosial dari APBN sebanyak 4.536 keluarga.

Jumlah itu, kata Puryanti, diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan di luar DTKS yang diusulkan oleh desa dan kelurahan.

“Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang akan dikucurkan ini, diperuntukkan bagi warga kurang mampu dan warga terdampak langsung Covid-19,” ujarnya saat dihubungi hariankepri.com, kemarin.

Ia mengatakan, dari kuota yang diusulkan tersebut, dan dinyatakan valid oleh kementerian sosial sebanyak 2.315 keluarga dari DTKS dan non DTKS sebanyak 1.463 keluarga sehingga totalnya sebanyak 3.778 keluarga.

“Setiap kepala keluarga yang sudah terdata, akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu per keluarga per bulan, yaitu mulai April, Mei dan Juni,” sebutnya.

Puryanti menerangkan, penyalurannya melalui kantor pos yang ada di Kota Ranai. Sebab, semua penerima bantuan sudah sesuai dengan nama dan alamatnya yang telah terdata di kemensos.

Guna mengantisipasinya masyarakat yang tidak terdata di kementerian sosial dan desa, pemerintah daerah akan menganggarkannya melalui APBD Natuna.

“Untuk jumlah Kepala keluarga yang telah didata ditingkat kelurahan dan tidak termasuk dalam kuota tersebut, kita akan anggarkan melalui APBD,” tukasnya. (dan)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here